Fakta Kucing
0

Mengapa Kucing Selalu Kelaparan?

Mengapa Kucing Selalu Kelaparan?

Sebagai hewan karnivora, makanan utama kucing di alam liar adalah daging. Itu artinya dia harus berburu terlebih dahulu sebelum makan. Mendapatkan hewan buruan bukanlah usaha yang mudah. Hewan buruan akan terus bergerak untuk menyelamatkan diri. Beda dengan herbivora  pemakan rumput dan daun. Makanannya sudah tersedia di alam serta  amat mudah dijangkau.

Karena mendapatkan mangsa tidak mudah, maka kucing berusaha secepat mungkin memakannya saat sudah mendapatkannya. Dia tidak ingin yang lain mengambilnya, bahkan secuil pun tidak akan direlakan. Sebaliknya jika temannya mendapatkan hewan buruan dia akan berusaha mengambilnya. Mottonya adalah ‘apa yang menjadi milikku adalah milikku, apa yang menjadi milikmu adalah milikku juga’. Kedengarannya tidak menyenangkan, tapi begitulah sifat alaminya. Anda tidak bisa mengontrol sikap kucing yang seolah selalu kelaparan karena dorongan naluri berburunya ini.

Disisi lain Anda dapat mengendalikan rasa lapar kucing dengan memahami seberapa banyak kebutuhan makan hariannya. Seperti halnya manusia, hewan merasa lapar ketika tubuhnya memerlukan nutrisi tambahan. Saat makanan sudah masuk, rasa lapar akan hilang untuk sementara. Makanan kemudian diolah tubuh. Jika makanan yang masuk nutrisinya tidak mencukupi kebutuhan tubuh, maka tubuh akan mengirimkan sinyal berupa rasa lapar lagi.

Makanan yang gizinya cukup membuat kucing tidak cepat lapar. Anda sebenarnya dapat membandingkan seberapa banyak gizi yang ada di makanan dengan membandingkan banyaknya kotoran yang dihasilkan kucing. Contohnya kucing yang memakan daging (raw food) biasanya akan buang kotoran hanya sekali saja dalam waktu sehari, dua hari atau bahkan tiga hari sekali, volumenya pun sangat kecil. Sedangkan yang memakan produk olahan bisa buang air lebih dari sekali dalam sehari tergantung seberapa banyak dia makan.

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *