kesehatan
12

Mengenal Raw Food Untuk Kucing

Mengenal Raw Food Untuk Kucing

Memberi makan kucing kesayangan dengan raw food mungkin terdengar rumit dan memakan waktu. Kenyataannya adalah memberikan raw food sangat mudah. Anda berpikir mahal? Tidak juga.  Justru makanan olahan bisa berkali lipat harganya.

Raw food untuk kucing yang biasa diberikan adalah ayam. Bagian dada atau paha yang sudah difillet dan dipotong-potong sangat mudah dimakan oleh kucing. Namun, tidak harus selalu daging fillet. Sebenarnya banyak potongan dari ayam yang tidak semuanya  rutin dikonsumsi  manusia. Kepala dan leher, ceker, serta punggung sisa filet biasanya dijual terpisah dengan harga yang sangat murah. Anda bisa memberikan itu untuk si manis. Pilihlah yang masih segar dan masuk standar untuk daging kelas manusia. Jangan pilih yang sudah busuk atau ayam tiren. Kucing tidak akan mau memakannya.

Tulang ayam mentah bisa langsung dikonsumsi kucing. Tulang bisa memenuhi kebutuhan kalsiumnya. Beda dengan tulang rebusan yang keras dan justru berbahaya, tulang ayam yang masih mentah tidak keras dan bisa dicerna kucing dengan baik. Namun yang perlu diingat, pemberian tulang yang berlebihan bisa menyebabkan sembelit. Seimbangkan dengan  minum air yang cukup. Memberikan mereka air kaldu ayam juga ide yang bagus. Kucing akan senang dan meminumnya sampai habis.

Sebelum diberikan pada kucing, masukkan daging kedalam freezer. Bekukan untuk membunuh bakteri dan kuman yang ada di ayam. Cairkan terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kucing. Boleh juga disiram dengan air panas untuk menghangatkannya. Jangan diberikan langsung  ketika masih beku karena kucing akan kesulitan memakannya. Makanan yang terlalu dingin juga bisa menyebabkan kucing mencret.

Foto : Pixabay

Foto : Pixabay

Pertanyaan lain yang sering muncul adalah masalah kebersihan gigi kucing. Banyak pawrents beranggapan dry food dapat membersihkan karang gigi kucing. Faktanya gigi kucing justru lebih bersih ketika dia mengonsumsi raw food.  Selain itu pembersihan karang gigi kucing oleh dokter hewan juga relative mahal dan melalui prosedur  yang berisiko karena kucing biasanya perlu dibius.

Kucing adalah carnivora sejati. Daging dapat terserap dengan baik oleh tubuhnya. Kucing pun awet kenyang. Daya tahan tubuh mereka akan lebih bagus. Kucing yang sehat memangkas biaya-biaya tak terduga seperti kunjungan ke dokter atau pembelian vitamin dan obat-obatan yang mahal. Satu hal lain yang membuat takjub adalah sedikitnya jumlah pup yang mereka keluarkan. Baunya pun tidak menyengat tajam. Sekarang tugas membersihkan litter box tidak lagi menguras emosi dan menyita banyak waktu. Dry food atau makanan lain bisa saja diberikan sebagai snack atau camilan jika kucing masih merasa kelaparan. Namun porsi diet sebaiknya tetap diperhatikan supaya berat badan kucing tetap ideal.

cats_by_MADEMOISELLE45.

cats_by_MADEMOISELLE45.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 12 komentar

  • rian says:

    Kalo kucing2 di rumah sukanya ikan laut mentah, kalo ayam malah ga terlalu suka. jatahnya sih ga tentu, seminggu 1x ato 2x, tergantung inget/ga-nya ngebeliin 😀

  • Anny Sofyan says:

    Saya saat ini kasih makan kucing dengan kepala & leher ayam presto dan syukur kucing2 suka karena tulang leher & kepala empuk bisa termakan semuanya, selain itu murah harganya.

  • Bubu & Lulu says:

    Saya kasih punggung ayam digiling… kadang2 suka.. kadang juga gak.. mungkin lebih suka ikan kali ya…

    • Cici Mochi says:

      Bau ikan memang lebih menggoda daripada ayam. Jadi bisa juga ayamnya sedikit dibaui dengan ikan atau wetfood.

  • membiasakan kucing untuk nge Raw sulit yah, apalagi sudah biasa makan DF atau WF. dipaksa paksa juga sulit banget

    • Oslo Van Hotten says:

      Harus banyak dilatih, kasih yang rebusan dulu.. biar tahu rasa ayam. Setelah itu coba potongan kecil daging raw. Semoga berhasil 🙂

  • miftacinya says:

    Takarannya yg aman berapa??

  • Dian says:

    Berapa lama daging disimpan dalam freezer sebelum dikasih ke kucing? Sampai 24 jam kah?

    • Oslo Van Hotten says:

      Jika dirasa sudah beku sempurna, ayam bisa disiapkan untuk raw. Jika ingin cepat dan lebih mudah,bisa beli ayam yg sudah beku dari pusat perbelanjaan 🙂 cmiiw

  • Rea Aprillia says:

    Siang kak, aq mau tanya ni.. Kucing aq tu awalnya baik2 aja, dan sektar umur 5 blnan aq bru nyadar klo jlnan nya tu beda dr kcing aq yg lain. Kaki belakangnya itu agak lemah , ngak bisa menopang tubuhnya. Jdi klo jalan suka terjatuh gtu bagian belakangnya. Awalnya aq pikir karna kegemukan tp lama kelamaan kog ngak sembuh2 jg ya, skr umrnya dah 2 thn. Kira2 kucing aq sakit apa ya kak?

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *