Fakta Kucing
3

Sterilisasi Pada Kucing Jantan

Sterilisasi Pada Kucing Jantan

Kucing jantan mencapai  pubertas pada usia sekitar enam bulan. Dimasa ini si tampan mulai menginginkan kucing betina, dan itu bukan salahnya, itu hal yang wajar. Pawrents akan merasa terganggu ketika tiap malam dia mengeong dan mulai spraying -kencing sembarangan-  di sudut-sudut rumah. Dia akan mengabaikan semua perintah dan larangan Anda. Tidak ada yang bisa mengontrol dia. Sampai dia diijinkan keluar rumah.

Namun apa yang terjadi di luar rumah? Kucing kesayangan Anda -yang sejak kecil dirawat dan dimanja- tidak terbiasa hidup keras dan mandiri di luar. Dia akan kalah bersaing dengan kucing liar yang begitu kuat dan berkuasa. Jangan berharap dia akan memenangkan perkelahian dengan kucing liar, bertemu dengan orang asing dan menyeberang jalan saja mungkin dia sudah ketakutan.

Jadi ketika di luar si manis berusaha membangun wilayah dan memperebutkan betina yang dia suka, bisa ditebak ujungnya adalah perkelahian dengan kucing jantan liar. Pawrents jangan kaget ketika si tampan pulang ke rumah badannya luka-luka, penuh goresan cakar, atau jalan terpincang-pincang. Lebih dari itu rasa egonya sebagai kucing jantan pun terluka!  Sekali lagi itu bukan salah dia.

Namun tak ada pilihan bagi pejantan muda ini. Dia akan terus meminta untuk keluar rumah karena dorongan hormonnya. Anda pun tak bisa mencegahnya, kecuali dengan satu jalan. Sterilisasi. Prosedur operasi sederhana  yang bisa dilakukan oleh semua dokter hewan dalam waktu yang cepat. Kucing akan sembuh hanya dalam hitungan hari. Dan dia tidak akan mengalami perubahan perilaku yang mencolok.

Sterilisasi membuat kucing jantan tenang berdiam di dalam rumah, hidup lebih sehat serta mengurangi resiko kanker testis.  Perlu diketahui, steril bukan berarti membuat kucing jantan tidak bisa melakukan aktivitas seksual. Dia tetap bisa kawin, hanya saja tidak bisa membuahi. Dengan sterilisasi kucing jantan, lonjakan populasi kucing terlantar juga bisa dikendalikan.

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 3 komentar

  • Anny Sofyan says:

    Alhamdulilah kucing dewasa saya 6 sudah disteril dan tinggal 4 lagi yang masih kitten menunggu kl umurnya sudah 5 bulan minimal….

  • Almira says:

    Boleh dong share perilaku2 kucing yang sudah di streil atau apakah ada penurunan kemampuan insting atau indra penciumannya stelah di steril?
    katanya kalau kucing yang sudah di steril ga akan mungkin kabur ya?

    thanks

    • Oslo Van Hotten says:

      Oke, kapan-kapan dituliskan ya. Insting kucing tetap sama setelah disteril, hanya saja sebagian tidak terlalu agresif lagi saat musim kawin, tapi ada juga yang tetap suka kawin kok. Yang jelas, cat guardian (pemilik kucing) tidak khawatir lagi kucingnya akan berkembang biak tak terkendali. Terima kasih ya

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *