Berita
0

7 Lukisan Kucing Terbaik Dunia

7 Lukisan Kucing Terbaik Dunia

“The smallest feline is a masterpiece”. Leonardo da Vinci

Dalam sejarah peradaban manusia, kucing selalu menempati posisi yang penting. Pernah menjadi dewa yang dihormati dan diagungkan, pernah juga dianggap sebagai makhluk jahat pembawa sial. Kucing yang sehari-hari berada di sekitar manusia sering menjadi sumber inspirasi, tak terkecuali para pelukis ternama dunia. Berikut adalah 7 lukisan kucing terbaik dunia yang banyak bercerita tentang kucing dari masa kemasa.

news.artnet.com

news.artnet.com. Hieronymous Bosch. The Temptation of St. Anthony (right panel) (circa 1501)

1. Lukisan ini kental dengan nuansa abad pertengahan. Kucing digambarkan liar dan mendesis pada wanita telanjang yang mencoba untuk menggoda pertapa Anthony, ayah monastisisme. Ikan melambangkan Kristen, tapi telinga setan kucing membuat peran kucing disitu jadi ambigu.

 

news.artnet.com

news.artnet.com. Theodule-Augustin Ribot. The Cook and the Cat (1860s)

2. Lukisan ini masih mengambil tema kucing dan ikan. Kucing digambarkan kelaparan! Lukisan ini hasil karya pelukis realis Perancis, Ribot. Dia menggambarkan adegan di dapur sederhana. Lukisan ini yang paling terkenal. Juru masak menyadari kehadiran teman berkaki empat-nya, tapi dia membiarkannya.

 

news.artnet.com. Pierre Auguste Renoir. Girl and Cat (1880–81)

news.artnet.com. Pierre Auguste Renoir. Girl and Cat (1880–81)

3. Sebagian besar lukisan Renoir menampilkan perempuan dan kucing yang telentang, seperti Berthe Morisot dan Mary Cassatt. Yang satu ini adalah yang paling terkenal. Sesuatu dalam bunga sepertinya sangat menarik perhatian kucing, sementara si gadis nampak tak peduli dengan bajunya yang melorot dan menampakkan daya tariknya. Lukisan ini menggabungkan antara ketidakpedulian dan rasa ingin tahu yang besar. Multi tafsir? Mungkin.

 

news.artnet.com. Kees von Dongen. Woman With Cat (1908)

news.artnet.com. Kees von Dongen. Woman With Cat (1908)

4. Lukisan ini dibuat oleh seniman fauvist Belanda , dia menggunakan warna-warna halus, tenang, dan cerdas. Wanita selalu digambarkan senang memeluk kucing.

 

news.artnet.com. Carl Olof Larsson.The Bridge (1912)

news.artnet.com. Carl Olof Larsson.The Bridge (1912)

5. Lukisan karya Larsson ini seperti hendak bercerita sesuatu. Kucing hitam yang penasaran, nyonya yang hendak melukis namun perhatiannya tertuju diam-diam pada seorang lelaki di jembatan. Ada apa diantara mereka? Lukisan yang indah dengan warna-warna ceria dan kaya makna.

 

news.artnet.com.  Arthur Rackham. By day she made herself into a cat (1920)

news.artnet.com.
Arthur Rackham. By day she made herself into a cat (1920)

6. Lukisan ini menggambarkan pikiran seorang gadis yang seolah ingin berubah menjadi kucing yang jahat. Namun, sebetulnya dia berada dalam perangkap dan tak bisa bergerak. Lukisan yang penuh dengan simbol.  Rackham dikenal dengan karya lukisannya yang digunakan sebagai ilustrasi untuk “Jorinde dan joringel” di Hansel dan Gretel  – Brothers Grimm.

 

news.artnet.com. Louis Wain, anthropomorphic cat paintings

news.artnet.com. Louis Wain, anthropomorphic cat paintings

7. Louis Wain adalah seorang seniman terkenal dari London yang terobsesi pada kucing. Siapa sangka karyanya yang menggambarkan kucing yang indah sekaligus aneh (gabungan halusinasi dan abstrak) ini menjadi deteksi dari semakin parahnya penyakit skizofrenia yang dia derita hingga akhirnya harus dirawat secara permanen di pusat kesehatan jiwa pada tahun 1924.

Yang mana favorit Anda? Atau buatlah karya masterpiece Anda sendiri yang terinspirasi dari kucing kesayangan. Meow!

Source : www.news.artnet.com

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *