Fakta Kucing
0

Fakta Unik Kumis Kucing

Fakta Unik Kumis Kucing

Kucing terkenal salah satunya karena dia mempunyai kumis yang khas. Sedari lahir, kucing sudah memiliki kumis. Misai (kumis kucing) memiliki fungsi yang sangat penting. Apa saja itu?

1. Kumis kucing berfungsi sebagai sinyal sensor

Lewat kumisnya kucing bisa mendeteksi arah angin, mengenali keberadaan musuh, dan sebagai pembatas jarak tubuhnya dengan jalan atau lubang. Saat memasuki tempat baru kucing menggunaan kumisnya untuk mengukur muat atau tidaknya jalan masuk itu bagi tubuhnya. Sebab itulah panjang kumis sama dengan lebar badannya.

2. Kumis kucing digunakan untuk penyeimbang tubuh

Penglihatan kucing kurang bagus dalam jarak dekat. Dia menggunakan kumisnya untuk mengatur keseimbangan tubuhnya dan memindai lingkungan sekitarnya. Jika tidak memiliki kumis mereka akan kesulitan bahkan untuk sekedar berjalan apalagi mengejar musuh atau menyelamatkan diri.

3. Kumis berperan penting saat kucing berkelahi

Perhatikanlah kucing yang sedang menantang musuhya, kumisnya akan bergetar dan mengembang. Ini adalah penanda kalau dia siap bertarung dan tidak gentar menghadapi lawan. Bayangkan jika dia tidak mempunyai kumis, rasa percaya dirinya akan hilang.

4. Bentuk kumis kucing menunjukkan perasaannya

Perasaan seekor kucing ternyata bisa dilihat dari bentuk kumisnya. Misai melebar dan mengembang ke samping itu tandanya dia sedang senang. Berbeda ketika kumis kucing mengarah ke belakang wajahnya, itu menunjukkan dia sedang takut atau gelisah. Pada saat kucing bertemu dengan musuhnya, kumisnya akan bergetar dan mengarah ke depan.

Jadi, kumis kucing tidak boleh dipotong atau diikat. Kucing akan stres karena kehilangan alat penting pertahanan dan keseimbangan tubuhnya. Hal terburuk bisa saja terjadi, yakni tidak bisa survive hidup.

 

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *