Fakta Kucing
3

Mitos Kucing Odd Eye

Mitos Kucing Odd Eye

Apakah Anda pernah melihat atau justru saat ini sedang memelihara seekor kucing odd eye? Kucing odd eye memang menarik dan termasuk langka. Ciri khas kucing odd eye adalah pada warna matanya yang berbeda, satu matanya berwarna biru sedangkan sebelah matanya yang lain berwarna hijau, kuning atau cokelat. Orang beranggapan kucing odd eye terlahir tuli pada salah satu telinganya. Faktanya itu tidak benar. Sekitar 60-70% kucing odd eye dapat mendengar dengan normal.

Foto : Pixabay

Foto : Pixabay

Mata kucing odd eye unik karena perbedaan lapisan melanin yang terdapat di iris mata. Bayi kucing semuanya dilahirkan dalam keadaan buta dan awalnya matanya berwarna biru. Warna mata berubah seiring dengan bertambahnya usia. Pada kasus odd eye pigmentasi pada kedua mata tidak berjalan bersamaan, salah satu matanya berhenti mengalami pigmentasi lebih cepat dibanding yang lain. Keadaan ini disebut heterochromia Iridis.

Foto : Pixabay

Foto : Pixabay

Dahulu hanya kucing berwana putih polos yang dianggap bisa menjadi odd eye. Namun saat ini mata odd eye bisa muncul dari aneka macam warna bulu. Bahkan kucing hitam pun ada yang bermata odd eye. Di sisi lain orang Turki menempatkan kucing odd eye warna putih sangat istimewa. Pemerintahnya secara resmi menjaga kelestarian kucing odd eye putih ini. Bahkan dalam kejuaraan basket internasional di Turki pada tahun 2010, kucing Van Turki putih odd eye dijadikan sebagai mascot dan diberi nama Bascat.

Foto : article.wn.com

Foto : article.wn.com

 

Legenda odd eye lain yang terkenal yaitu Muezza. Siapa tak kenal Muezza? Muezza adalah kucing peliharaan Nabi Muhammad. Rasul sangat mencintai Muezza salah satunya karena setiap kali mendengar suara adzan Muezza mengeong-ngeong seolah menirukan. Rasul kerap menempatkan Muezza diatas pangkuan saat menerima tamu di rumahnya, dan rela memotong jubahnya hanya karena tak ingin mengganggu Muezza yang sedang tidur pulas diatasnya. Menurut beberapa pendapat, diketahui Muezza merupakan kucing jenis Angora berwana putih dan memiliki sepasang mata odd eye yang cantik.. ┬ámata hijau seperti danau, dan biru seperti langit…

Wow!

 

Source : Dari berbagai sumber

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 3 komentar

  • sya punya kucing seperti itu nmanya Nibi

  • Nisa says:

    Kucing yg saya lihat warna mata yg sebelahnya merag bukan hijau
    Itu namanya kucing apa?

  • Aliyah says:

    aku juga punya odd eye di rumah aku beri namanya sarang karena belangnya tepat di atas kepala seperti topi dan berbentuku hati (love)

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *