Fakta Kucing
0

Tanda-Tanda Kucing Birahi

www.warrenpotographic.co.uk

www.warrenpotographic.co.uk

Musim hujan sudah berlalu. Cuaca pun berubah. Matahari bersinar terik dan udara menjadi lebih hangat. Bersiap-siaplah bagi Anda yang mempunyai kucing dewasa dan belum disteril. Ya, sebagian besar kucing akan kawin saat musim panas. Kucing yang sudah cukup umur dan siap untuk kawin berusia sekitar 8 – 12 bulan (kecuali untuk kucing ras-ras tertentu). Biasanya siklus birahi kucing sekitar 1 – 2 bulan dan waktu birahinya 5 – 7 hari. Saat ingin kawin kucing menunjukkan perilaku yang khas. Apa saja itu? Berikut tanda-tandanya.

1. Bulu kucing akan menjadi lebih tebal. Bulu yang tebal berfungsi menyimpan panas tubuhnya.

2. Suhu tubuh meningkat. Kucing yang sedang birahi suhu tubuhnya akan naik dan jika dipegang terasa lebih hangat.

3. Kucing semakin rajin mandi (grooming) dengan menjilati seluruh badannya. Lebih sering daripada saat biasanya. Tampaknya kucing sadar betul tampilan yang bersih akan mempesona lawan jenisnya.

4. Kucing akan lebih sering mengeong. Baik kucing jantan maupun betina saat sedang birahi akan mengeluarkan suara yang berisik dan mengeong sepanjang waktu. Tak bisa dikendalikan apalagi disuruh diam.

5. Kucing menjadi manja sekaligus sensitif. Jika biasanya kucing berperilaku mandiri, maka saat ingin kawin dia cenderung lebih manja atau menjadi pemarah jika digoda dan diajak bermain. Emosinya sedang tidak stabil.

6. Bila digosok-gosok bagian punggung tepat di pangkal ekor maka dia akan menungging dan terkadang lidahnya mejulur keluar seperti kehausan. Ekornya pun akan melengkung kesamping badan.

7. Nafsu makan menjadi berkurang. Birahi membuat kucing malas makan. Fokusnya pada betina/jantan yang sedang dia incar.

catexpert.blogspot.com

catexpert.blogspot.com

Saat birahi kucing betina mengeluarkan hormon yang mengundang kucing jantan dari mana saja. Aromanya yang terbawa angin bisa dikenali oleh pejantan dari area teritorial yang mungkin jauh. Jagalah kucing betina Anda. Bisa saja dia diperebutkan oleh banyak pejantan dan sesama pejantan akan saling menyerang untuk mencari siapa yang paling kuat dan berhak kawin.

Jika Anda tidak ingin kucing betina beranak pinak dan kucing jantan uring-uringan saat musim kawin, segeralah disteril. Steril bertujuan mengendalikan lonjakan populasi kucing, memberikan kesempatan pada kucing kesayangan untuk hidup lebih sehat serta semoga mempunyai umur yang lebih panjang.

www.catster.com

www.catster.com

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *