Fakta Kucing
0

Tanda-Tanda Kucing Sedang Hamil

Foto : Pixabay

Foto : Pixabay

Beberapa minggu setelah kucing kesayangan membuat kegaduhan saat kawin, dia akan kembali bersikap normal. Disatu sisi Anda lega karena tidak lagi terganggu dengan suaranya yang berisik, namun bersiap-siaplah jika kemudian kucing tersebut hamil dan akan memberikan banyak anak kucing baru. Seringkali pemilik kucing tidak menyadari bahwa kucingnya sedang hamil, baru ketahuan saat perutnya sudah buncit.

Lama kehamilah kucing sekitar 55 – 65 hari. Bukan waktu yang lama. Maka jika Anda berencana steril kucing janganlah menunda-nundanya atau Anda terpaksa harus menunggunya melahirkan anak-anak kucing dulu. Kucing betina bisa hamil mulai usia 8 bulan, namun usia ideal dia mempunyai anak adalah ketika sudah berusia satu tahun lebih untuk mengurangi resiko kesehatan induk dan bayi.

 

www.thepetinfo.com

www.thepetinfo.com

Berikut tanda-tanda kucing hamil yang wajib diketahui oleh pemilik kucing.

1. Malas makan dan muntah-muntah. Mirip dengan manusia, saat awal kehamilan terkadang kucing menjadi malas makan dan bahkan muntah-muntah.

2. Berubah lebih sensitif. Kucing yang hamil menjadi lebih pemurung, suka menyendiri dan tak begitu bersemangat ketika diajak bermain. Dia juga gampang marah apabila diganggu oleh kucing yang lain.

3. Marah jika bagian perut/puting susu diraba. Saat bagian perut diraba, maka kucing yang sedang hamil akan menolak bahkan mencakar. Mungkin dia merasa harus menjaga isi perutnya baik-baik. Begitupun saat puting susu diraba. Jangan ganggu dan biarkan dia merasa aman.

4. Perut buncit dan membesar. Perut akan kelihatan buncit saat usia kehamilan sudah 5 minggu dan akan terus membesar sampai akhir usia kehamilan.

5. Puting susu membesar, berwarna kemerahan serta rambut di sekelilingnya rontok. Hal ini untuk memudahkan anak kucing nantinya menyusu.

6. Bulu-bulu kucing yang sedang hamil juga ikut rontok, namun ini hanya sementara. Setelah melahirkan dan sehat bulunya akan tumbuh kembali.

7. Saat usia kehamilan sudah berjalan beberapa minggu, kucing menjadi hobi makan. Dia butuh banyak makanan untuk menyimpan cadangan energi dan nutrisi. Alangkah baiknya jika mulai ditambahkan makanan khusus untuk anak kucing saat induknya sedang hamil.

8. Kucing menjadi lebih manja dan suka mencari perhatian. Jika diawal kehamilan dia suka menyendiri, maka saat perutnya sudah besar justru kucing suka bermanja-manja dan senang diperhatikan. Tingkahnya menjadi lebih lembut dan penurut.

9. Beberapa hari sebelum melahirkan, kucing mulai mencari tempat untuk bersalin. Biasanya dia menyukai tempat yang gelap, tertutup dan hangat. Bantulah kucing Anda dengan mempersiapkan tempat yang nyaman untuknya.

Foto : Pixabay

Foto : Pixabay

Demikian tanda-tanda kucing hamil yang mudah untuk diperhatikan. Ingat, induk dan anak kucing adalah tanggung jawab penuh pemilik kucing. Jika tidak menghendaki anak-anak kucing dirumah terus bertambah, segera steril. Jangan pernah membuang anak kucing, itu sama saja membunuhnya pelan-pelan. Meow!

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *