kesehatan
0

Bermacam Jenis Kutu Kucing

Parasit yang paling sering menyerang kucing salah satunya adalah kutu. Terutama di musim panas seperti sekarang ini.  Waspadalah! Beberapa jenis kutu berkembang biak dengan pesat saat udara panas. Berikut jenis-jenis kutu yang biasa menyerbu kucing kesayangan cat lover.

 

flea

insect.pnwhandbooks.org

Kutu loncat/pinjal/flea

Nama ilmiah kutu ini Ctenochepalides felis. Ukuran tubuhnya cukup besar dan bisa terlihat langsung oleh mata telanjang (kira-kira sebesar semut kecil). Ciri khas kutu ini adalah gerakan meloncatnya. Pinjal hidup pada sebagian besar binatang menyusui termasuk anjing dan kucing. Siklus hidup kutu ini cukup panjang, mampu bertahan hidup diluar inangnya tanpa makanan hingga satu tahun.

 

earmites

www.animalalliancenyc.org

Ear mites/ tungau

Kutu ini berukuran sangat kecil, dapat terlihat dengan menggunakan alat pembesar. Namun jika telingan kucing cat lover kotor, bau, dan ada kotoran yang menggumpal itu bisa jadi tanda kalau kucing terserang ear mites. Kucing yang terkena ear mites biasanya sering  menggaruk  dan menggelengkan telinganya secara berlebihan.

 

lyce

pets.webmd.com

Kutu bulu/Lyce

Pernah melihat bulu kucing tiba-tiba kotor seperti ditaburi debu, dan jika diperhatikan dengan teliti ternyata debu itu bergerak! Ya, itu adalah kutu Lyce. Selain gatal, kutu ini membuat rambut kucing menjadi kering dan rontok.

 

scabies

www.youtube.com

Scabies

$arcoptes scabiei adalah kutu yang suka hidup di bawah kulit dan menggali terowongan untuk membuat koloni. Aktifitas kutu yang satu ini semakin meningkat saat kelembaban udara tinggi, misal saat malam hari. Scabies dapat menular pada manusia dan menimbulkan rasa gatal yang luar biasa.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *