Uncategorized
52

Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo

Cara Mengobati Kaki Kucing Keseleo

Apakah cat lover pernah punya pengalaman kucing yang tadinya sehat dan lincah tiba-tiba berubahΒ  murung, diam saja dan tidak mau makan? Perhatikan apakah jalannya seperti pincang atau bahkan tak mau bergerak sama sekali? Ingat-ingatlah apa aktivitas terakhir yang kucing lakukan, apakah berkelahi, terinjak atau jatuh dari ketinggian. Bisa jadi kucing cat lover sedang keseleo.

Keseleo berbeda dengan patah tulang. Jika patah tulang kucing sama sekali tak akan bisa bergerak atau tungkai terlihat menggantung lemas, sedangkan jika keseleo kucing masih bisa bergerak tapi pincang. Untuk kasus patah tulang cat lover haru segera membawanya ke vet, sedangkan keseleo masih bisa dicoba dengan perawatan sendiri di rumah.

Mengobati sendiri kaki kucing keseleo bisa dengan cara mudah berikut ini.

  1. Pastikan kucing tetap makan dan minum. Karena merasa kesakitan kucing tidak mau makan sama sekali. Suapi dengan makanan lunak dan beri minum dengan spuit kalo perlu.
  2. Letakkan kucing di tempat yang aman atau dikandang dulu supaya tidak banyak bergerak.
  3. Jika ingin mencoba obat alami, cat lover dapat memarut jahe dan sereh, balurkan pada bagian yang keseleo dan bungkus dengan kain.
  4. Berikan makanan yang berprotein tinggi seperti ayam atau daging untuk mempercepat penyembuhan.
  5. Sebaiknya jangan mengurut sendiri, cukup kompres bagian yang sakit dengan kain yang direndam air hangat.

Kucing keseleo biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 3 – 7 hari sampai dengan dua minggu. Semoga bermanfaat!

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 52 komentar

  • haibatun says:

    apakah ini bisa membantu? aku harap begitu, soalnya kucing aku sedang mengalami hal serupa… semoga bermanfaat artikel nya buat kucingku, semoga dia cpt sembuh, dan.. trimakasih atas artikelnya :’)

  • black says:

    semoga benar artikelnya..karena kucingku bari ke tabrak motor nih..

  • toyib says:

    apakah keseleo itu kakinya terlihat bengkok?karena kucing sy suatu ketika kakinya kelihatan bengkok.tulangnya bergeser,tp jalnnya pincang dan beberapa hari bisa jalan lagi, nggak pincang,tp kakinya kelihatan bengkok. trims

  • leni viana says:

    Trims sangat bermanfaat untuk kucingku yg kaki belakangnya sedang terkilir/keseleo πŸ™‚

  • Ridwan bukhori says:

    15-01-2015 kucing saya keseleo jika berjalan pincang.lalu saya baca artilel ini & saya balurkan jahe dan sereh parut dilukanya.
    22-01-2015 kucing saya sdh bs lari2 dan lompat. Namun alangkah terkejutnya ternyata bagian yg dibaluri jahe itu mnjadi tdk berbulu (rontok) . seperti ayam yg sdh dicabuti kulitnya warna merah.

    Saya takut lapisan epidermis kulit kucing saya sdh rusak & tdk bs ditumbuhi bulu lg

    • Cici Mochi says:

      Waduh, ongkel.. mungkin jahe serehnya kebanyakan ya? kalo udah ada tanda2 sembuh stop ya. Berikan makanan protein tinggi supaya cepat recovery. Bisa juga coba dioles bioplacenton supaya kulit (kalo memang luka) sembuh dan bulu bisa tumbuh lagi. CMIIW

    • Antika says:

      Kok sm y kyk kucing sy. Aku tkt akinya putusm Krn sampai keliatan bekas nya. Aku olesin 2 x sehari pakai obat yg aku beli di apotek. 😭

  • Eka firmanda says:

    Makasih sangat bermanfaat

  • winda sandra says:

    siang…gmn nih kcing q kn hilang dn pas ditemukan kedua kaki blkgnya g bisa digerakin trus tingkahnya beda sering meraung2 dn klo dipegang tuh mo gigit,mohon sarannya. didaerah q g ada dokter hewan,ap yg hrus sya lkulan??? trimakasih

    • Cici Mochi says:

      Sepertinya kucingnya kena pukul atau mungkin jatuh? Sebaiknya dikandang/taruh di dalam rumah dulu biar tidak banyak bergerak. Tetap berikan makanan biar kuat. Bahan2 herbal seperti yg disebutkan dalam artikel bisa dicoba digunakan. Semoga cepat sembuh kucingnya…

  • Fikar says:

    Aku harus berusaha menjaga kucingku tetap sembuh terimakasi cici mochi

  • ilham says:

    Assalamualaikum gan, saya punya kucing namanya novi, biasanya dia lincah suka pecicilan, tapi 3hari belakangan ini dia jadi lesu,ga mau makan sama sekali cum mau minum aja, dan juga jarang bergerak, tapi kalo saya elus punggung bagian belakangnya dia kya kesakitan gitu, apa mungkin kucing saya keseleo atau terkilir uratnya? Dan kalo emang iya ,gimana cara ngobatinnya gan mohon masukan dan sarannya.Makasaih assalamualaikum

    • Cici Mochi says:

      Hallo.. Yang jelas usahakan kucing tetap mau makan ya, bisa dengan diberikan makanan kesukaan atau jika terpaksa disuapin. Saya kurang tahu kalo cedera pada bagian punggung, karena kalo keseleo biasanya di kaki, tandanya bisa dilihat jika jalannya pincang. Untuk lebih amannya, sebaiknya kucing dibawa ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut. Semoga cepat sembuh meongnya πŸ™‚

  • ilham says:

    Maaf gan, saya mao tanya lagi kucing saya ga mao nelen makanan sama sekali padahal udah saya cekokin makanan ke mulutnya tapi tetep ga mao di telan, dan juga kalo kucing saya berdiri seperti kesakitan gitu gan, udah 3harian ini blm makan sama sekali, saya takut kucing saya mati gan, biar pun kucing saya kucing kampung dia udah saya rawat dari kecil.Kalo boleh saya minta pin agan boleh ga buat tanya2 soal kucing saya. Makasih gan assalamualaikum

  • ilham says:

    Maadf gan, kucing saya mati tadi sore jam 17.30 mungkin udah waktununya menghadap sang maha kuasa gan πŸ˜₯😩πŸ˜ͺ

    • Antika says:

      Turut berduka ga. 😭 Sy jg sedang ketar ketir dgn kondisi mpus sy . Doakan agar dia cpt sembuh. Krn kakinya 1 pincang dan merah. Kyk mau putus 😭

  • dewi says:

    Kakak,aku mw nanya . kucing aku hbis ke jepit kandangnya, trus tulang kaki belakangnya retak dan ada luka luarnya juga. Dsini ga ada dokter hewan kak, mw aku perban ga tw caranya, mw megang kaki nya ga tega megangnya, kucingnya sendiri klo di pgang berontak, tolong kasih solusi kakak.mungkinkah bisa sembuh sendir???
    NB: lukanya udah 4hri kak.
    2 menit yang lalu

    • Cici Mochi says:

      Pertama, tetap dikasih makan dan minum. Kalo tidak makan mesti disuapin. Kedua, tahu tulangnya retak apa sudah dirontgen? Luka luar bisa diobati dgn antiseptik/bethadine. Ketiga, tenangkan kucing dn sering dielus sayang, dia marah dan berontak krn merasa sakit. Moga cepat sembuh ya, meong ..

  • fitria dwita says:

    Kak, kucing saya biasanya aktif dan lincah, tapi dari sore tadi jadi lemas, jalannya agak susah, kucingnya memang sering naik ke dek rumah, apa itu karna keseleo ya kak? Tapi makan masih mau, walaupun ngga sama kayak sebelum sakit, biasanya ngeong suaranya besar pas dikasih makan, tadi cuman makan aja ngga ada ngeong, trus kalau kakinya dipegang, langsung gerak kayak nendang gitu, sebaiknya gimana ya kak, tanpa hrus dibawa kedokter?

    • nuckymuryanti says:

      Mo nanya kucing sy tiba2 pincang,tapi sekarang tmbh parah,kalo jln kaki belakang y diseret,apa obat y,mksh

  • Gendhis says:

    Cici mochi.. kucing sy umur 5 bulan, udah hampir 2 minggu ini pincang.. kaki kiri depan pas tekukan nya kaya’ bengkak atau benjolan.. kalo di pegang, dia pasti triak+kaya’ kesakitan gitu.. tapi dia masih lincah+mau makan banyak..

    Uda 2x di bawa ke dokter+di suntik juga, tapi sekarang malah tambah pincang.. kira2 kenapa ya?

  • Melati says:

    Saya mau nanya. Anak kucing saya (kira2 umur 3 bln) tiba2 lemas dan kakinya pincang. Td pagi dia muntah dan gak mau makan. Siang ini dia muntah lg tp muntahnya seperti air dan berwarna kemerahan. Mgkn gak kalo itu muntah darah? Kalo iya sbnarnya kucing saya kenapa? Trus apa yg harus saya lakukan? Krna kondisinya semakin buruk dan induknya gak peduli sama sekali.

  • Chairunissa Faizah says:

    Assalamualaikum,kak bantu dong ni kucing aku baru umur sebulan setengah anggora kakinya kayak pincang gitu,dia bisa jalan tapi jalannya kayak betuk O dan kalo kaki yang keseleo atau patah itu diangkat kayak ngangkat kesakitan gitu…Kira-kira gimana yah,jadi sedih liatnya merasa bersalah πŸ™

    Mohon bantuannya..

    • Cici Mochi says:

      Masih kitten ya.. untuk kehati-hatian penanganan sebaiknya dibawa ke Vet. Tetap berikan makanan dan sebaiknya masukkan kandang supaya kakinya pulih dulu. Mungkin dia terlalu aktif bergerak hingga keseleo. Moga cepat sembuh meongnya..

  • Mela says:

    Kucing saya abis ketabrak, kaki yg bisa buat berdiri cuma kaki depan 1, belakang kedua nya gak bsa, yg depan 1 lgi gak nekuk gak bisa injek tanah, klo d pegang kesakitan gtu, apa itu patah smua ke tiga kaki nya?

    • Cici Mochi says:

      Aduh kasihan.. sebaiknya segera dibawa ke dokter? Untuk penanganan pertama sebaiknya dikandang dulu supaya tdk banyak bergerak dan cedera tidak semakin parah. Get well soon, meong..

  • imas ayunda says:

    tolongin saya donk,, kucing saya si justin kaki blkangnya pincang jalan nya, stlh saya periksa ternyata telapak kaki nya luka, smpe dagingnya keluar gtu,, apa yg hrs saya lkukan? kira2 diksh obat apa ? gk ada dokter hewan di tempat saya tinggal,, tolong ksh saran yah.. terimakasih

    • Cici Mochi says:

      Pertama bersihkan luka, beri antiseptik (bisa bethadine), kemudian tutup luka dengan perban supaya tidak infeksi. Letakkan kucing dikandang atau pisahkan dari kucing yg lain. Semoga cepat sembuh ya ..

  • chusnul chotimah says:

    Salam kenal kak tadi siang aku nemu anak kucing sekitaran umur sebulan lah.
    Kasian bgt kak jalannya pincang dan kakimya agak merah gtu mungkin krna efek dia jalan jdinya kulitnya lama2 merah trus matanya seperti katarak.
    Saya bingung musti gmna tapi dia sudah saya amankan di kardus dan saya selimuti.
    Ada pengobatan tradisional ga selain ke dokter krna klo untuk ke dokter hewan bujet saya belum ada.
    Tadi baru saya beliin susu kucing aja di petshop.
    Kasian bgt kak kakinya pincang T_T
    Setiap saya pegang kakinya dia kesakitan meong2.
    Sekarang dia anteng bgt lagi tidur udah saya amankan ke tempat yg lebih baik ga seperti pas baru nemu ngeraung2 trus nahan sakit x ya atau bagaimana.saya bingung mata dia entah katarak atau bukan krna terlihat kecil sebelah dan ada putih2 di pinggirnya.kira2 itu apa ya kak??
    Gmna kak cara penanganannya saya ga tega liat anak kucing tersebut 😭😭

  • karen margaretha says:

    malem, mau tanya nih, kaki kanan kucing saya terjepit di kursi dan jdnya dia tidak bisa menggunakan kakinya itu utk berjalan. Dia jalan hanya pake 3 kakinya yg lain saja jdnya. Saya tidak tau hrs berbuat apa. Mohon petunjuknya ya. trims.

  • karen margaretha says:

    mau tanya, kaki kanan kucing saya terjepit di kursi nih barusan dan jdnya dia tidak bisa menggunakan kakinya itu utk berjalan bahkan tdk bs disentuhkan ke lantai. Dia jalan hanya pake 3 kakinya yg lain saja jdnya. Saya tidak tau hrs berbuat apa utk nyembuhinnya. Mohon petunjuknya ya. trims.

    • Cici Mochi says:

      Keseleo atau patah ya? kalo kucingnya terlihat sangat kesakitan sebaiknya dibawa ke dokter ya, onty ..

  • Naokey says:

    Haloo.. aku mau tanya.. kucingku tdnya sehat2 aja.. tp tiba2 jalanny jd lunglai tdk seimbang.. trs tbtb dya engga bs jalan.. kira2 knp ya? Makasih

  • chairizas says:

    Hai kak, mau tanya, kucing aku itu udah 3 hari nggak mau makan, terus sering tidur, lemas pula.. sampai akhirnya dia jalannya jatuh-jatuh mulu. Itu kenapa ya?

  • rizki says:

    Kucing saya tiba tiba hobi tiduer terus pas diperhatiin eh jalannya timpang tapi kalau kakinya dipegang ngga ada tanda tanda kesakitan cuman nafsu makannya aja yg kurang trus ngga seaktif dulu gimna ya tolong dibalas terimakasih

  • Anna nur aini says:

    assalamualaikum, kak ini kucingku udah 2 hari ini knpa yah gk mood makan .trs lemes bawaanya tidur trs , nah di bagian dket kumis itu atas bibirnya kyak memar gt , kucingnya kesakitan dan trs ngeluarin air liur . ini knpa kak yah apa mungkin kucingnya sariawan . mohon saran nya terimakasih

  • Alfina says:

    Siang ka, salam kenal. Aku mau tanya ka, kucingku Charlie (umurnya sekitar 2 bulan) kemarin lagi main tbtb kejatuhan hiasan rumah dr kayu yg berat kemarin. Aku ngga lihat persis gmn dia kejatuhan kayunya tapi udahnya dia langsung gabisa jalan, kalopun jalan kakinya aga diseret kaki belakangnya. Aku takut dia patah tulang. Aku coba elus bagian punggung bawahnya, ternyata yg sakit disekitar bagian bawah dekat ekor. Setelah bbrp jam dia bisa beridiri sambil jalan sedikit2 tapi udahnya langsung tiduran lagi. Alhamdulillahnya dia ngga keliatan jd sakit gitu ka pokoknya sehat aja, makannya masih banyak, mau nyusu ke induknya, terus masih mau main sm sodaranya juga, cuman itu aja ka dia tiduran aja terus, sama masih sakit bagian belakangnya. Sejauh ini sama aku dia dikasih paracetamol sama bagian belakangnya dikasih sereh. Menurut kaka gmn, dia pasti bisa sembuh kan? πŸ™ apalagi yg bisa aku lakuin buat kucingku biar sembuh ka? πŸ™ kalo dikasih kalk itu gpp gitu walaupun kucingku masih 2 bulan? Ditunggu sekali ya responnya ka… Makasih bangettttt

  • Annisa Nurfadhillah says:

    Kak kucingku baru di temukan sejak 1 hari yang lalu dan kondisinya 1 kaki yang depan pincang yg satu lagi nya nggak sedangkan 2 kaki belakang kesakitan padahal nggak pincang dan nggak ada luka.Jadi apa yg harus aku lakukanlakukan??

  • Susan says:

    Mau tanya kak.,kucing aku pincang kaki depan sebelah kanan nya, pas diliat bengkan bagian atas jarinya. Terus kalau dikompres pake jahe+sereh sebaiknya berapa kali sehari? Dan sekali dikompresnya brpa lama?

  • Shalma says:

    Assalamualaikum
    Saya mau tanya dari kemaren kucing saya tuh gabisa buang air kecil g mau makan terus agak susah juga klo buang air besar trus klo dipegang bagian kaki sama bagian perutnya dia teriak Kesakitan kadang biarpun g dipengang tetep ajh triak kesakitan
    Tolong bantu kak
    Saya g tega kalo ngliat kucing saya tuh triak kesakitan mulu

  • Dimas A.R.P. says:

    Maaf gan mau tanya, tadi pagi saya lihat kucing saya jalannya pincang (kaki kiri bagian depan)-nya di tekuk terus tapi masih bisa diangkat naik-turun. Itu kira-kira keseleo atau patah tulang ya?

  • Helena isanameywiney says:

    Kucing saya kakinya bengkok….apakah itu keseleo?
    Kalo jalan gak pincang tp ngesot yg keseleo kaki depan yg kiri……..

  • kifa says:

    Kucing saya jika dipegang ekornya seperti kesakitan dan tidak bisa menjaga keseimbangan,jalannya juga sedikit membungkuk

  • Acih says:

    Hallo all .. Saya mau tanya tolong di bantu ya , kucing saya smlm ga knp knp masi maain bercanda .. Trus tdur lLu pagi tdi saya lihat dy berjalan kaki kiri depan nya tidak di pijakan jalan nya sperti pincang .. Kira kira apa yg hrus saya lakukan πŸ˜”

  • dicki says:

    Kak kucing saya abis ketabrak trus jalannya pincang satu hari lemes gamau mkan trus agak sehat.an mau makan tpi msik pncang, lah dibawah perutnya dket kaki yg pncang ada benjolan besar itu kenapa ya

  • dicki P.A. says:

    Kak kucing saya abis ketabrak trus jalannya pincang satu hari lemes gamau mkan trus agak sehat.an mau makan tpi msik pncang, lah dibawah perutnya dket kaki yg pncang ada benjolan besar itu kenapa ya

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *