kesehatan
2

Cara Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk

Cara Merawat Bayi Kucing Tanpa Induk

Cat lover terkenal sebagai orang yang tidak tegaan. Maka memungut kitten yang dibuang di pinggir jalan atau ‘dipaketkan’ orang di halaman rumah merupakan hal yang sering terjadi. Tapi bagaimana merawat kitten yang belum bisa makan dan minum sendiri itu?

  1. Tempatkan bayi kucing dalam tempat yang hangat. Alasi dengan kain atau selimut. Berikan dia boneka ‘induk’ supaya kucing merasa lebih nyaman.
  2. Beri minum susu khusus  kitten tiap 2 jam sekali. Perlu diingat pemberian jenis susu harus berhati-hati karena pencernaan kucing yang masih lemah. Salah memberikan makanan bisa berakibat fatal (mencret parah).
  3. Bersihkan segera kotorannya supaya kitten selalu berada di tempat yang bersih.
  4. Jika ada lampu kecil cat lover bisa menempatkan dalam kandangnya agar kitten selalu merasa hangat.
  5. Siapkan fisik dan mental cat lover. Ini sebenarnya yang paling penting. Mengurus kitten hampir sama dengan mengurus bayi. Cat lover harus siap bangun di tengah malam untuk ‘menyusui’ dan membersihkan kotorannya. Cat lover juga harus disiplin pada jam-jam makan kucing sepanjang hari. Telat makan bisa membuat kondisi si bayi kucing menurun.

Bagaimana pengalaman cat lover merawat bayi kucing tanpa induk? Berbagilah bersama MeowMagz. Miaw!

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 2 komentar

  • atiek waluyo says:

    Tanya Bagaimana cara mengobati kucing yg kena gatal2 hingga bulunya rontok, apa obatnya, selama ini aku olesi minyak tawon krn tdk ada budget ke dokter, kucing terlantar aku adopsi kondisi cacat bawaan mulut bagian kiri terlalu lebar kliatan rahangnya dr samping bibir atas sumbing, tdk tumbuh gigi jd makanan padat m ditelan…stlh 10 menit langsung pup begitu terus tiap selesai makan, apa yg mesti dilakuin, makasih

    • Oslo Van Hotten says:

      Bulu rontok mungkin karena nutrisi makanan yg kurang atau krn kutu/penyakit kulit. Paling mudah bisa dicoba dgn mengganti makanannya. Jika dia tidak bisa mengunyah, berikan makanan lunak (wetfood) atau rebusan ayam/daging/ikan (hilangkan durinya). Untuk menghilangkan kutu, kucing dimandikan rutin (1 atau 2x setiap bulannya), gunakan shampoo khusus utk pet, jika tidak ada, bisa dicoba dgn air perasan jeruk nipis, tapi jangan sampai kena mata. Bilas bersih. Jika ada obat tetes kutu (dijual di petshop2, akan lebih baik lagi krn membunuh kutu sampai ke telur2nya). Semoga kucingnya survive dan cepat sehat ya 🙂 cmiiw

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *