kebersihan
0

Cara Merawat kucing Supaya Bersih dan Sehat

5827988343_0f547f5e5a_b

Apapun jenis kucingnya, jika dirawat dengan baik dan benar kucing pasti akan menjadi cantik. Dua hal utama yang harus diperhatikan dalam merawat kucing ini adalah masalah kebersihan dan makanan yang sesuai. Kucing sendiri dilahirkan sebagai hewan yang mandiri dan sadar arti penting kebersihan. Jadi, Anda tak perlu terlalu repot  mengurusnya setiap saat.

Berikut beberapa tips mudah merawat kucing.

  1. Berikan makanan yang banyak mengandung protein pada kucing. Kucing adalah hewan carnivora sejati. Dari mulai mulut sampai perut didesain untuk memakan daging. Akan bagus hasilnya jika kucing terlatih memakan daging. Manusialah yang membuat kucing memakan aneka makanan manusia, bahkan kadang makanan yang tidak bisa dicerna oleh ususnya.
  2. Jagalah kebersihan kandang, tempat tidur, tempat bermain, tempat buang kotoran dan tempat aktivitas kucing sehari-hari. Sejak pertama seorang cat lover membawa pulang kucing ke dalam rumah, maka dia sudah harus tahu, rumahnya akan memerlukan perawatan yang berbeda daripada rumah yang tanpa kucing di dalamnya.
  3. Sediakan air minum yang bersih dan diganti setiap hari. Kucing menyukai air yang segar dan tidak mengendap lama. Air mineral yang terjamin kebersihannya bisa diberikan pada kucing. Jika tidak, Anda bisa memberikan rebusan air matang pada kucing. Air minum matang akan mengurangi resiko jamur dan bakteri di dalamnya. Kucing pun menjadi lebih sehat.
  4. Mandikan kucing 2 minggu atau minimal satu bulan sekali. Gunakan shampoo khusus untuk kucing. Maka bulunya akan bersih, bersinar dan tentu saja segala macam jenis kutu pergi menjauh dari bulu-bulu kucing kesayangan.
  5. Jangan memberikan ikan asin atau goreng-gorengan pada kucing, sebab ini akan mengakibatkan bulunya rontok. Terutama untuk kucing berbulu panjang.
  6. Kucing Anda menyukai sinar matahari. Berikan kesempatan padanya untuk berjemur setiap hari. Sinar matahari selain memberikan vitamin D yang cukup juga akan mematikan virus atau kuman yang menempel di permukan tubuh kucing.
  7. Rajinlah mengelus dan menyisir bulu kucing, maka bulu kucing akan mengkilap dan bersinar. Sentuhan pada kucing juga membuat dia merasa disayangi. Kucing yang bahagia akan tumbuh sehat dan ceria.
  8. Permainan merupakan hal yang tak boleh dilupakan. Anda akan melihat ekspresi wajah yang berbeda dari kucing yang selalu didalam kandang dan yang terbiasa bebas. Kucing adalah seekor hewan predator. Ototnya kuat, cakar dan taring pun selalu siap diasah. Ketangkasannya tak perlu diragukan. Dia menyukai aneka tantangan dan senang berburu mangsa. Apa yang dirasakannya seandainya terus terkurung di dalam kandang? Maka berikanlah mainan yag menarik supaya kucing tidak merasa hidupnya membosankan.
  9. Segeralah berkonsultasi dengan dokter hewan jika kucing Anda sakit dan butuh pertolongan segera. Vaksin dan steril masuk dalam urutan ini.

Selamat merawat kucing kesayangan Anda. Tanpa Anda sadari kucing kesayangan sesungguhnya selalu merawat keluarga Anda dengan caranya sendiri. Meow!

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *