Fakta Kucing
11

Inilah Alasan Kenapa Kucing Suka Memijat

Inilah Alasan Kenapa Kucing Suka Memijat

Memiliki seekor  kucing yang pandai memijat sudah pasti membuat kita bahagia. Saat sedang duduk santai atau sambil berbaring kucing kesayangan seringkali datang dan mulai memijat badan kita dengan dua paw imutnya.

Gerakan tangan mereka konstan dan mantap, badan kita yang lelah pun perlahan menjadi rileks. Nampaknya mereka juga menikmati profesi sebagai tukang pijat dengan bayaran tuna atau ayam. Kira-kira… Apa ya yang membuat kucing suka memijat pemiliknya atau kucing lain?

Para ahli perilaku kucing mengatakan, gerakan memijat bagi kucing merupakan insting alami yang dia bawa sejak masih menyusu pada induknya. Jika diperhatikan gerakan memijat itu sama dengan gerakan saat mereka melakukan pijatan rangsangan untuk melancarkan aliran susu induk.

Kucing yang dipisahkan dari induknya sejak masih tahap belum disapih akan lebih sering melakukan pijatan daripada kucing yang disapih saat sudah besar. Mereka melakukan hal itu karena belum puas menyusu induknya, jadi  perilaku itu terus dibawa sampai mereka dewasa, bahkan sering ditambah dengan acara ‘ngempeng’ di baju atau bantal.

cat-massage-5

Pada kucing dewasa lain, memijat dilakukan karena insting mereka untuk membuat tempat tidur yang nyaman. Sama seperti saat nenek moyang mereka menata rerumputan atau daun-daun kering untuk tidur di alam liar.

Kucing yang sedang hamil dan hendak melahirkan juga akan melakukan ritual pijatan pada kain atau bantal yang jadi alas tidurnya supaya lebih nyaman dipakai.

Bagi kucing manfaat lain dari perilaku memijat ini adalah  memberikan tanda (marking) pada benda-benda yang diakui sebagai propertinya. Pada bagian telapak tangan kucing terdapat kelenjar bau, saat memijat aroma tersebut keluar dan menempel pada permukaan yang dipijat.

Jadi, ketika kucing memijat kita itu artinya dia sedang menandai badan kita sebagai ‘miliknya’. Pijatan ini fungsinya sama seperti saat kucing sedang  mencakar atau scratching pada barang-barang atau area tertentu. Dia memberi tanda bahwa dialah penguasanya, dan kucing lain pun akan mengenalinya.

Bagaimana jika pijatan kucing terasa menyakitkan atau bahkan melukai karena cakarnya keluar? Pakailah baju yang tebal atau tambahkan kain sebagai alas pijatannya.

Kucing memijat tidak akan sampai berjam-jam, jika sudah lelah dan puas dia akan berhenti sendiri dan biasanya langsung tertidur dengan pulas.

Apakah cat lovers termasuk yang sering dipijat oleh kucing kesayangan di rumah? Selamat, Anda beruntung punya tukang pijat pribadi. Meooow!

 

Baca juga :

Mengapa Kucing Suka Mengintip Orang Mandi? http://meowmagz.com/2015/06/mengapa-kucing-suka-mengintip-orang-mandi/

Kenapa Kucing Menyukai Kotak Kardus? http://meowmagz.com/2016/05/kenapa-kucing-menyukai-kotak-kardus/

Bisakah Kucing Mengenali Kerabatnya? http://meowmagz.com/2016/04/bisakah-kucing-mengenali-kerabatnya/

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 11 komentar

  • Ummi Fitriah says:

    Kucingku Billy yg sering mmijat klo aku sedang berbaring billy slalu memijat memang rada sakit kuku”a tp gpp biar nyaman bermanja dgnku

  • Swansi says:

    Kucingku Mimit rajin mijet aq tiap duduk di sofa.. dulu alm Mocca jg pernah mijat2 aq…

  • Rhenaldy says:

    Sama banget nih kaya kucing gue,kebiasannya gitu..habis itu dia tidur,emang biasanya kuku nya keluar sih agak sakit,tapi gapapa selalu buat si kucing nyaman 🙂

  • Spirits Girl says:

    Ooohh jadi gitu. Banyak kucing yang mijitin kaki aku dan itu enak banget. Hahaha

  • Yuli says:

    Kucingku si upil senang sekali memijat …tp si uba ngga pernah melakukan itu…apa karena si uba betina?

  • Mbah gendong says:

    Kucingku bahkan suka bantuin nyapu ngepel

  • bona says:

    kalau sissy .. suka pijitin selimut bulu aku. boro2x mijitin aku!!

  • Bogel paling seneng mijetin perutku. Biasanya jelang jam tidur atau jelang jam makan.

  • Keykey Nasution says:

    Kucing ku juga pernah pas aku lagi berbaring dia loncat dan Langsung dipijitnya,terkadang aku juga takut dia kelelahan.tapi pernah juga sih kuku nya keluar tapi nggak apa apa

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *