Fakta Kucing
0

Mengapa Kucing Suka Membangunkan Pemiliknya?

Foto : Morguefile

Foto : Morguefile

Hari masih gelap dan Anda masih tertidur lelap. Tiba-tiba kucing kesayangan mengagetkan dan membangunkan Anda dengan suara meongnya yang berisik. Anda belum hendak beranjak bangun, berusaha mengabaikan suara itu. Namun si kucing tak kurang akal, sekarang dia berusaha menggosok-gosokkan badannya ke kaki Anda, sesekali sambil menggigit kecil. Spontan Anda memindahkan kaki. Si kucing tak kurang akal, sekarang dia mendekat pada wajah Anda. Suara meongnya persis di dekat telinga dan tangannya mulai mencolek-colek wajah Anda. Sial, Anda terpaksa harus bangun dan menuruti keinginan si kucing manja. Mengapa kucing terkadang menyebalkan dan suka mengganggu tidur nyenyak pemiliknya?

Ada beberapa alasan mengapa kucing suka membangunkan pemiliknya. Antara lain yaitu :

Kucing merasa lapar dan dia ingin Anda segera menyajikan makanannya. Kucing yang sudah terbiasa makan dengan jadwal waktu yang tetap akan sangat hafal jam makannya. Jika Anda membiasakan dia makan sebelum subuh, maka pada jam itu pula dia akan bangun dan menagih jatah makannya.

Panggilan alam. Yang ini adalah kebiasaan baik, meskipun mengganggu. Beberapa kucing yang ikut tidur di kamar dan tidak tersedia litter box di dalamnya akan meminta Anda membukakan pintu saat dia ingin pup atau pee.

Bosan atau sakit. Kucing yang merasa bosan karena tidak ada aktivitas menarik yang bisa dikerjakannya selagi Anda tidur akan berusaha membangunkan Anda untuk diajak bermain. Berikan permainan atau aktivitas baru padanya hingga dia kelelahan, setelahnya dia akan diam dan tidur. Demikian pula dengan kucing yang sudah tua atau sakit, mereka menuntut perhatian lebih dari Anda.

Pembalasan atas tindakan negatif. Jika kita sering bereaksi negatif pada kucing, misal memarahinya, telat memberikan makanan atau bersikap cuek padanya, maka ada saatnya setelah itu kucing berperilaku yang tidak menyenangkan pada kita. Mereka bisa saja tiba-tiba mengacak-acak barang tanpa alasan, serta pee atau pup sembarangan. Membangunkan pemiliknya yang sedang tidur nyenyak  termasuk dalam daftar ‘pembalasan dendam’ ini. Hidup bersama kucing memang tidak selalu mudah, tapi hari-hari Anda akan terasa lebih indah. Meow!

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *