kesehatan
5

Resep Home Made Makanan Kucing

Resep Home Made Makanan Kucing

Apakah Anda merasa harga makanan kucing, baik itu dry food maupun wet food semakin mahal dari hari ke hari? Terutama untuk Anda yang memilki banyak kucing atau kucingnya mempunyai selera makan yang sangat pemilih. Maka membuat sendiri makanan untuk kucing di rumah bisa Anda coba. Berikut beberapa resep sederhana home made makanan kucing.

Ikan campur nasi Ini adalah makanan yang paling umum diberikan untuk kucing di masyarakat kita. Tidak menjadi masalah jika kucingnya sudah terbiasa. Tapi sebetulnya gizi dalam nasi dan ikan ini belum mencukupi untuk kebutuhan nutrisi kucing, tambahkanlah suplemen vitamin dan minyak ikan dalam adonan makanan.. Sebaiknya ikan dikukus/rebus, jangan digoreng untuk menghindari bulu kucing rontok. Menambahkan tempe rebus juga baik sekali supaya kucing tidak mencret dan mendapatkan asupan protein nabati.

Ayam rebus campur nasi. Ini bisa jadi resep pertama yang patut dicoba sebagai pengganti dry food. Kandungan kalsium dalam ayam rebus tidak membuat kucing mencret meskipun dia memakan nasi. Rebus ayam sampai kaldunya keluar, tambahkan hati dan jantung ayam sebagai sumber taurin yang penting bagi kucing. Akan lebih bagus lagi jika nasi yang digunakan berasal dari beras merah. Namun jika Anda tidak ingin menambahkan nasi, ayam rebus saja lebih baik dan akan sangat disukai kucing. Sesekali Anda bisa juga mengganti ayam rebus ini dengan daging sapi sebagai variasi.

Raw food ayam atau ikan. Raw food adalah makanan mentah, namun makanan mentah ini sudah dibersihkan dan dibekukan terlebih dahulu. Cuci bersih potongan ayam/ikan, potong kecil-kecil, campurkan kuning telor dan vitamin, kemudian bekukan dalam freezer. Sajikan dalam kondisi hangat atau suhu ruang (jangan beku). Mungkin pada awalnya kucing akan menolak makanan raw food, Anda bisa melatihnya dengan memberikan sedikit raw food supaya kucing bisa mencicip rasanya. Jika tetap tidak mau, Anda bisa menunggunya sampai benar-benar lapar. Saat lapar, kucing akan memakan apapun yang diberikan. Dan akhirnya mereka menjadi terbiasa dengan raw food. Sampai saat ini makanan raw food terbukti yang paling bagus untuk kesehatan kucing dan mencukupi seluruh kebutuhan nutrisinya.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 5 komentar

  • awiteangola says:

    nah saya bingung boleh enggak sih di campur nasi makanya kucing?

  • Kikie says:

    @awiteangola
    Bukan tidak boleh, hanya tidak akan menghasilkan dan berdampak apa-apa alias useless.
    Kucing itu obligate carnivore, jadi lebih butuh protein (hewani) dan lemak.. dan sama sekali tidak membutuhkan karbohidrat.

  • atika says:

    salam kenal, mau nanya kucing saya baru sembuh dari FLUTD kira2 makanan apa yg baik buat ginjal nya? trims

  • Prata Hanifah K says:

    Boleh gak kalau kucing dikasih makan tempe rebus,kuning telur rebus,dan ikan dicampur menjadi satu?

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *