Berita
0

Selamat Jalan Tama, Sang Kepala Stasiun

Selamat Jalan Tama, Sang Kepala Stasiun

Siapa tak kenal Tama? Kucing betina calico (belang tiga) yang sejak tahun 2007 memegang jabatan sebagai kepala stasiun kereta api Kishi. Kota kecil Kishi terletak di wilayah tenggara Jepang, dekat Wakayama City. Tama, telah pergi ke Rainbow Bridge hari senin kemarin pada usia 16 tahun (kira-kira 80 tahun usia manusia), setelah sebelumnya dirawat di rumah sakit hewan setempat karena mengalami kegagalan fungsi hati.

metro.co.uk

metro.co.uk

Tama dikenal di seluruh dunia karena telah menyelamatkan stasiun Kishi pada masa krisis keuangan. Para turis datang ke stasiun hanya untuk melihat Tama duduk di kantornya mengenakan topi kereta api dan baju dinasnya. Tama adalah kucing stray lokal yang dulunya sering bermain di sekitar stasiun dan kemudian diadopsi oleh Toshiko Koyama, manajer stasiun.

Di Jepang pada umumnya kepala stasiun dijabat oleh manusia, namun stasiun Kishi memilih Tama, seekor kucing. Penunjukkan itu ternyata sangat tepat. Sebagai kepala stasiun Tama berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kishi. Penumpang kereta apinya meningkat pesat. Maka stasiun Kishi yang pada tahun 2004 hendak ditutup kembali ramai karena Tama.

kittyarmy.com

kittyarmy.com

Pada tahun 2008 Tama mendapatkan promosi sebagai sebagai ‘super stasiun master’. Dan Tama adalah satu-satunya ‘perempuan’ yang memegang jabatan managerial  di perusahaanya. Tama mendapatkan gaji dan ruang kantor sendiri. Bahkan perusahaan kereta api tempatnya bekerja membuat kereta api khusus ‘Tama Densha’ yang gerbongnya dilukis dengan kartun Tama.

wikipedia

wikipedia

Interior Tama Densha. Flickr

Interior Tama Densha. Flickr

Tak cukup sampai disitu, stasiun Kishi pada tahun 2010 juga direnovasi dan menjadikan Tama sebagai inspirasinya. Maka stasiun Kishi sekarang dikenal sebagai Stasiun Tama. Terdapat café, pusat souvenir dan banyak lagi aksesoris stasiun yang bertema Tama. Keren!

Stasiun  Tama. cnn

Stasiun Tama. CNN

Upara peringatan Tama (memorial service) rencananya akan dilaksanakan pada hari minggu besok. Selamat jalan Tama, sekarang kereta apimu akan melaju sampai ke Rainbow Bridge yang indah. Jangan khawatirkan stasiun Kishi, ada Nitama (Tama kedua) si karyawan magang yang juga secantik dirimu. Rest in Peace, Tama. We love you, all Meow.

kofegeek.wordpress.com

kofegeek.wordpress.com

audreymagazine.com

audreymagazine.com

Nitama.  www.blogs.wsj.com

Nitama.
www.blogs.wsj.com

 

Meowmagz : dari berbagai sumber

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *