Fakta Kucing
0

Tips Mudah Merawat Kucing Berbulu Panjang

Tips Mudah Merawat Kucing Berbulu Panjang

Kucing berbulu panjang memang terlihat anggun jika bulu-bulunya mengembang dan sehat terawat. Bagi sebagian cat lover kucing berbulu panjang dianggap agak merepotkan karena membutuhkan perhatian ekstra. Namun, jika Anda sepenuh hati menyayangi kucing cantik ini maka tak ada yang namanya kerepotan.

Berikut adalah tips mudah  merawat kucing berbulu panjang.

  1. Kucing bulu panjang ini membutuhkan sisir setiap hari! Ya, Anda harus rajin menyisir bulu-bulu kucing ini. Gunakan sisir khusus yang biasa terjual di petshop. Sisir khusus ini terbuat dari bahan logam. Ada juga jenis sisir khusus yang dipergunakan untuk mengangkat bulu mati dan sangat mudah digunakan untuk menyisir si bulu panjang.
  2. Jika ada bagian bulu yang gimbal, jangan dipaksa untuk mencabutnya atau menyisirnya dengan kasar. Itu akan menyakitkan kucing dan terkadang membuat bulu rontok meninggalkan luka. Maka lebih baik coba dibasahi dan diluruskan terlebih dahulu dengan air. Jika tetap tidak bisa, seperti karena terkena permen karet, maka Anda bisa menggunting bagian bulu yang gimbal tersebut.
  3. Gunakan tisu basah atau kain yang sudah dibahasi terlebih dahulu untuk menyeka bulu kucing. Debu dan kotoran yang menempel akan terangkat dengan tisu basah.
  4. Mandikan dengan shampoo khusus minimal sebulan sekali. Setelah dimandikan segeralah keringkan bulu kucing dengan menggunakan hair dryer. Kucing bulu panjang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengeringkan bulunya. Jika kebetulan cuaca sedang banyak sinar matahari, maka biarkan dia berjemur. Hal itu akan membantunya mengeringkan bulu lebih cepat dan tentu saja menyehatkan.
  5. Kucing long hair, apalagi yang jenis hidung pesek membutuhkan perhatian yang lebih banyak lagi. Seringkali dijumpai kotoran pada matanya, maka bersihkanlah setiap pagi dan sore. Gunakan kapas/tisu atau kain lembut yang dibasahi dengan air hangat terlebih dahulu.
  6. Berikan makanan yang sesuai untuknya. Ikan asin dan nasi tentu saja bukan makanan yang cocok untuk kucing jenis ini. Pilih makanan yang banyak mengandung protein untuknya.

Demikian tips mudah merawat kucing berbulu panjang. Kucing Persia atau Anggora Anda kini akan tetap anggun dan cantik setiap hari.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *