kebersihan
0

6 Tips Mengatasi Ketombe Kucing

6 Tips Mengatasi Ketombe Kucing

Meskipun ketombe bukanlah penyakit yang membuat kucing menderita, sebaiknya segara diatasi supaya kucing tetap sehat dan cantik. Berikut tips mudah mengatasi ketombe pada kucing.

  1. Periksa apakah ada kutu atau jamur. Kutu dan jamur membuat kucing berketombe karena merusak jaringan kulit. Jika terdapat kutu dan jamur, berikan obat tetes atau suntikan ivermectin untuk menghilangkan penyebab ketombe terlebih dahulu.
  2. Tambahkan ikan tuna sebagai makanan kucing. Ikan tuna mengandung omega 3 yang dapat membantu mengatasi masalah bulu dan memberikan nutrisi yang baik.
  3. Pastikan kucing cukup minum. Sediakan air minum dalam wadah besar yang mudah dijangkau kucing. Air matang atau air mineral lebih bagus untuk kucing daripada air mentah.
  4. Sementara kucing jangan dimandikan dulu. Pemberian shampoo dan cairan kimia lain dapat membuat kulit semakin kering dan memicu ketombe lebih banyak. Cukup seka bulu dengan lap basah. Jika ingin memandikan, gunakan bahan-bahan herbal yang tidak membuat kulit kering. Meski tidak dimandikan, kucing akan ‘grooming’, membersihkan bulu-bulunya sendiri setiap hari.
  5. Sisir kucing kesayangan dengan rutin. Menyisir bulunya membantu menghilangkan sel kulit mati dan merangsang produksi minyak di folikel-folikelnya.
  6. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun pada makanannya. Minyak zaitun bagus untuk kesehatan dan nutrisi kucing.

Jika ketombe masih membandel, sebaiknya bawalah kucing ke dokter hewan untuk memeriksakan kesehatannya secara keseluruhan. Ketombe bisa jadi pertanda penyakit lain yang mungkin lebih barbahaya (alergi, diabetes, obesitas, dan lain lain).

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *