Fakta Kucing
0

Kucing ‘Sand Cat’ Yang Memikat

Kucing ‘Sand Cat’ Yang Memikat

Apakah cat lovers mengetahui ada kucing istimewa yang hidup di habitat ekstrim padang pasir? Ya, kucing tersebut  adalah Sand Cat atau Felis Margarita. Nama yang indah sesuai dengan penampilannya. Sand Cat berwajah lebar, telinga besar dengan bulu-bulu halus menutupi (berfungsi untuk melindungi telinga dari terpaan pasir), dan memiliki hidung kecil mungil.

Sand Cat mempunyai ukuran tubuh yang sama dengan kucing domestik. Panjang sekitar 39 – 45 cm dan berat badan 1,4 – 3, 4 kg. Bulu-bulunya berwarna cokelat pucat seperti pasir, tebal namun bukan tergolong bulu panjang. Bulunya yang tebal ini berguna untuk melindungi tubuhnya dari suhu ekstrim padang pasir.

Sand Cat. Cincinnati Zoo

Sand Cat. Cincinnati Zoo

Mereka hidup di padang pasir semenanjung Arab, Asia Barat dan Afrika , termasuk gurun Sahara. Kucing ini terkenal sebagai kucing yang paling tangguh, mampu hidup jauh dari sumber air. Dan tahukah cat lovers? Salah satu gurun pasir -Kara Kum- tempat hidup Sand Cat bisa mencapai suhu 80 derajat celcius dan saat dingin udara dapat anjlok hingga minus 25 derajat celcius. Wow!

Keunikan Sand Cat adalah mereka memiliki bulu pada bantalan kakinya. Bulu lembut ini mampu melindungi kakinya dari panasnya pasir dan membuat kucing ini sangat sulit dilacak keberadaannya karena tidak meninggalkan bekas kaki diatas pasir.

Berbeda dengan kebanyakan kucing yang mempertahankan wilayah teritorialnya, Sand Cat justru suka berbagi atau bertukar liang tempat mereka bersembunyi dengan kucing lainnya. Mereka akan berburu pada malam hari. Hewan buruannya adalah tikus, kadal gurun, burung, serangga dan hewan-hewan kecil lainya. Sand Cat memperoleh asupan air dari hewan yang mereka buru.

Saat ini populasi Sand Cat sudah semakin sedikit dan terancam punah. Perburuan Sand Cat di berbagai negara dilarang dan termasuk dalam hewan yang dilindungi. Semoga Sand cat yang cantik bisa survive. Manusia sebagai makhluk yang beradab bertugas menjaga kelestariannya.

Sand Cat photographed in Iran. en.wikipedia.org

Sand Cat photographed in Iran. en.wikipedia.org

 

Credit foto header : www.planetsave.com

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *