Fakta Kucing
0

Mengapa Kucing Spraying (Pipis Sembarangan) ?

Mengapa  Kucing Spraying (Pipis Sembarangan) ?

Apakah kucing cat lovers sering spraying di sembarang tempat? Spraying berbeda dengan kencing biasa. Saat kencing normal badan kucing akan sedikit jongkok dan air seni  yang menggenang banyak. Sedangkan saat spraying kucing akan tetap berdiri dan hanya menyemprotkan sedikit urine.

Sebetulnya dengan spraying kucing bermaksud memberi tanda pada daerah kekuasannya. Kucing lain dapat membaca tanda tersebut. Oleh karena itu objek sasaran spraying biasanya adalah benda-benda vertikal seperti kursi, dinding, gordyn, tembok, pintu, dan lain sebagainya.

Begitupun ketika ada benda-benda baru. Beberapa kucing memberikan ‘tanda’ pada benda baru tersebut sebagai klaim bahwa benda tersebut adalah propertinya. Spraying dilakukan oleh kucing jantan maupun betina.

Spraying yang dilakukan oleh kucing remaja  (umur sekitar 7 – 8 bulan) berkaitan dengan insting seksualnya. Spraying  menunjukkan kematangan organ-organ reproduksi. Steril atau kastrasi pada kucing remaja ini bisa mengurangi perilaku spraying yang dilakukannya.

Jika setelah dikebiri/steril kucing tetap melakukan spraying, kemungkinan hal itu disebabkan karena kucing mengalami kegelisahan (anxiety). Bisa jadi kucing stress dengan lingkungannya, ada peliharaan baru, atau hal-hal lain yang membuatnya tidak merasa nyaman.

Perilaku spraying ini tentu saja dapat dihentikan. Kenali terlebih dahulu apa yang membuat kucing spraying. Jika karena belum disteril, maka segeralah steril. Steril dapat mengurangi perilaku spraying hingga 80%. Tapi jika penyebabnya karena gelisah atau stress, buatlah kucing merasa nyaman dengan lingkungannya.

Bersihkan daerah bekas spraying  kucing hingga baunya benar-benar  hilang. Karena jika baunya masih tersisa, kucing akan kembali spraying di tempat yang sama. Cat lovers dapat menggunakan chlorine/larutan pemutih agar bau kencing cepat hilang.

 

Credit Foto : www.catexpert.co.uk

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *