Fakta Kucing
0

Bagaimana Penampilan Dewi Bastet?

Bagaimana Penampilan Dewi Bastet?

Pada awal kemunculannya sekitar 3000 SM, Bastet digambarkan sebagai singa betina, atau sebagai tubuh wanita dengan kepala singa betina. Ketika Mesir Hulu dan Mesir Hilir bersatu, pentingnya Bastet sebagai dewi perang menjadi berkurang. Mesir berada dalam kondisi damai.

Sekitar tahun 1000 SM, Bastet muncul kembali. Namun penampilannya bukan lagi sebagai perempuan berkepala singa melainkan berwujud kucing domestik. Akhirnya citra Bastet berubah menjadi dewi kucing, atau dewi perempuan berkepala kucing.

Bastet mengambil peran sebagai dewi pelindung bagi para wanita hamil atau mereka yang ingin hamil. Kadang-kadang Dewi Bastet digambarkan dengan anak kucing disampingnya, yang merupakan penghormatan kepada perannya sebagai dewi kesuburan.

Terkadang dewi Bastet juga digambarkan memegang sistrum (benda suci dalam ritual Mesir kuno), memegang keranjang atau kotak.

Bastet juga dikenal sebagai dewi yang melindungi ibu dan anak yang baru lahir. Bahkan dalam teks kuno Mesir, wanita yang menderita infertilitas disebutkan biasa membuat persembahan kepada Bast dengan harapan akan membantunya hamil.

Bast menjadi sangat terhubung dengan Mut, sosok ibu dewi, dan dengan Yunani Artemis. Pada periode selanjutnya disebutkan dia berhubungan dengan dewa matahari Ra, dan kemudian menjadi  wakil dari bulan. (untuk Anda para penyuka Mitologi ^^ )

 

Foto : bast___egyptian_cat_goddess_by_cylonka

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *