kesehatan
7

Berapa Biaya Perawatan Kucing?

Berapa Biaya Perawatan Kucing?

Jika Anda seorang cat lovers sejati, tentu tak akan terlalu berhitung dengan banyaknya uang yang dikeluarkan untuk perawatan kucing kesayangan. Namun bagi Anda yang hendak mengadopsi kucing, biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat kucing perlu dipertimbangkan dengan baik sebelumnya.

Memelihara kucing merupakan komitmen sepanjang usia kucing. Janganlah mampu membeli atau memungut kucing tapi tak mampu membiayai hidupnya di kemudian hari. Tapi jangan khawatir, Tuhan menjanjikan setiap makhluk punya rejekinya masing-masing. Dengan caranya sendiri kucing mendoakan sang ‘cat guardian’ sehingga mendapatkan rejeki yang cukup bahkan berlimpah.

Berikut perkiraan biaya perawatan seekor kucing secara umum. Biaya bisa bervariasi tergantung pada lokasi, besar/kecil kucing, usia, dan kesehatan masing-masing kucing.

Makanan berkualitas

Rata-rata Rp. 150.000 – Rp.250.000 per bulan, bisa lebih mahal jika memilih jenis makanan super premium atau raw food.

Litter box

Harga kotak pasir bervariasi, mulai dari Rp. 50.000 – Rp.100.000 (jika memilih yang mahal, bisa sampai jutaan)

Harga pasir juga bervariasi, mulai dari Rp. 50.000 – Rp.200.000/ bulan

Steril/ Kastrasi

Steril subsidi Rp. 150.000, hingga Rp.1.000.000 (jika steril mandiri dan rawat inap)

Biaya ini menjadi wajib jika cat lovers tak ingin kucingnya berkembang biak tak terkendali yang nantinya justru makin membebani keuangan.

Vaksinasi

Vaksinasi dilakukan rutin, biaya tergantung jenis vaksin. Biaya antara Rp. 200.000 – Rp.300.000

Grooming

Perawatan kucing meliputi pembelian shampoo khusus, sisir kucing, dan bermacam peralatan lainnya. Biaya Rp. 100.000 – Rp. 250.000

Jika grooming dilakukan di salon, biayanya bisa lebih mahal lagi karena harus dilakukan secara rutin, minimal sebulan sekali. Biaya Rp. 50.000 – Rp. 100.000

Kunjungan ke Vet

Biaya tergantung lokasi dan obat/makanan yang diresepkan. Rata-rata Rp.200.000 – Rp. 500.000

Biaya sakit tak terduga

Saat kucing sakit cat lovers harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi. Biaya tergantung dari jenis penyakit kucing dan seberapa parah sakit. Rata-rata biaya antara Rp. 500.000 – hingga jutaan.

Jika semua biaya diatas ditotal, tentu jumlahnya lumayan. Sangat bisa untuk sekedar ongkos makan-makan, beli baju baru, atau bahkan jalan-jalan ke tempat wisata. Namun kepuasaan dapat memberikan kesejahteraan untuk kucing kesayangan  tidak ternilai harganya bagi cat lovers. Sudahkan Anda siap menjadi ‘cat guardian’? Meoow.

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 7 komentar

  • Luky Saridewi says:

    Kepuasan melihat kucing kesayangan tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat melebihi rasa keinginan untuk jalan2 ke mall utk makan2. Rasanya tak ternilai, apalagi bila melihat tingkahnya yg lincah dan lucu…
    Salam Meoow

  • okay mirah says:

    Kalo aku biaya makan sampe sejuta…udah keteteran.kalo sakit terpaksa kuobati sendiri kalo belum sembuh juga baru ajak ke vet.

  • virgin says:

    aq senang dgn kucing, brp pun biayany smua itu tdk akan menjadi beban. asalkan kucing ku sehat dan ttp kece. hehehe

  • Dian says:

    Kalo diitung gitu jd mikir.. pdhl selama ini biaya 4 ekor kucing gak pernah diitung.. asal keluar aja tu duit. Mikirnya cuma satu, asal kucingku sehat dan senang, aku juga senang.. kalo dia sakit trus mondok, gak mikir keluar berapa, asal dia cepet sembuh..

  • raissawinda says:

    wah betul sekali, setahun bisa 6 jutaan lebih, sudah termasuk biaya tak terduga ketika opname dan check up, grooming di salon serta belanja kandang dan pernak-perniknya, kucing saya dihibahin teman dan jenisnya dome. kalau diberikan makanan premium macam royal canin hasilnya tak kalah pintar dan ganteng dgn kucing ras. saya bahagia sekali. rejeki untuk dya insyaallah selalu ada.

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *