Berita
0

Raas, Kucing Asli Indonesia Dari Madura

Raas, Kucing Asli Indonesia Dari Madura

Diantara sekian banyaknya jenis kucing di dunia, Indonesia juga memiliki satu jenis kucing asli yang unik dan eksotis. Kucing Raas, atau orang Madura lebih sering menyebutnya kucing Busok (karena warnanya yang abu-abu, menyerupai warna abu bekas kayu bakar) berasal dari Pulau Raas yang terletak di ujung timur pulau Madura, masuk dalam wilayah Kabupaten Sumenep.

Kucing Busok merupakan kucing domestik endemik. Kucing ini dipercaya masih mempunyai galur murni dan belum bercampur dengan ras kucing lainnya, sehingga termasuk kucing yang sangat langka. Kelangkaan kucing Busok dikarenakan  kuatnya mitos yang dipercaya oleh masyarakat setempat akan keberadaan kucing Busok.

Kucing Raas memiliki karakteristik fisik hampir mirip dengan kucing hutan atau macan tutul. Penampilannya anggun, berukuran sedang namun lebih besar daripada kucing domestik lain. Wajah berbentuk sedikit persegi, dagu lancip serta telinga panjang dan runcing.

Sebagian besar kucing Busok ditemukan dengan ekor yang bagian ujungnya bengkok (‘kinky’), namun ada pula yang berekor panjang. Mata kucing Raas tidak terlalu lebar, berwana hiau tua dan berbentuk oval.

Bulu-bulu kucing Raas pendek, halus dan lembut. Selain warna ‘busok’ (biru/abu-abu) terdapat juga jenis warna solid lainnya, yakni cokelat.  Kucing Raas asli Indonesia ini memang cantik

 

MeowMagz dari berbagai sumber.

Foto : wikipedia.org

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *