Berita
0

Tidak Sembarang Orang Bisa Memelihara Kucing Raas

Tidak Sembarang Orang Bisa Memelihara Kucing Raas

Kucing Raas sering dikaitkan dengan banyak mitos. Masyarakat setempat percaya kucing Raas memiliki indra keenam. Dia hanya bisa dipelihara oleh orang-orang tertentu saja, seperti ulama, bangsawan atau tokoh masyarakat. Tidak sembarang orang bisa memelihara kucing Raas.

Warga pulau Raas bahkan mempercayai kucing Busok merupakan hasil perkawinan antara kucing betina ‘tanduk’ dengan kucing Pitua. Kucing Pitua dalam kepercayaan setempat adalah kucing misterius yang hidup di sekitar kuburan dan hanya dapat dilihat oleh anak-anak yang belum akil balig dan masih suci. Oleh karena itu banyak warga yang memelihara kucing betina dengan harapan akan dikawini oleh Pitua dan mendapatkan keturunan kucing Busok.

Kemurnian kucing Busok sangat dijaga oleh masyarakat adat Pulau Raas. Sehingga tidak mudah (bahkan tidak boleh) membawanya keluar dari Pulau. Diyakini jika tidak ‘berjodoh’ kucing Raas ini tidak akan berumur panjang ketika meninggalkan pulau. Dan kucing yang bisa dibawa keluar sebagian besar adalah kucing jantan yang sudah dikebiri.

Begitu percayanya masyarakat adat di Pulau Raas dengan mitos kucing Busok ini, hingga para pemilik perahu pun enggan membawa kucing Busok dalam perahunya untuk meninggalkan pulau. Mereka khawatir perahunya tenggelam atau  ditimpa kesialan.

Belajar dari kearifan lokal masyarakat Pulau Raas dan Madura, bahwa kucing Busok tidak bisa dipelihara oleh sembarangan orang maka hal tersebut dapat dipahami untuk keberlangsungan hidup kucing itu sendiri. Sebenarnya kucing manapun jika tidak dirawat dengan baik, dan tidak didasari keikhlasan religi memang tidak akan bertahan hidup lama.

Demikian pula mitos yang mengatakan kucing dilarang meninggalkan pulau, hal ini bisa pula diartikan supaya kucing tidak stress karena berpindah tempat atau lebih buruknya lagi dijadikan komoditas bisnis dan jatuh ke tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Semoga kucing Busok tetap lestari, dimanapun dia berada.

 

MeowMagz, dari berbagai sumber

Foto : Darmawan Setyabudi dari http://www.kaskus.co.id/thread/552c98e89e740453318b4598/kucing-busok-ras-asli-indonesia/3

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *