Fakta Kucing
0

7 Manfaat Steril Kucing

7  Manfaat Steril Kucing

Populasi kucing yang berkembang biak di kawasan hunian manusia sekarang ini dirasa sudah terlalu banyak dan rawan menimbulkan berbagai masalah. Bukan saja masalah kesehatan, tapi juga masalah sosial. Oleh karena itu gerakan mensteril kucing secara masal mulai banyak dikampanyekan.

Apa saja sebenarnya manfaat dari steril kucing ini?

  1. Mencegah lahirnya anak-anak kucing yang tidak diinginkan

Nyawa merupakan hak mutlak Tuhan, dan menyia-nyiakan nyawa yang sudah lahir ke bumi adalah tindakan kejam. Kita tentu tidak ingin lagi menemukan kucing-kucing kecil dibuang di jalanan dengan berbagai kondisi yang mengenaskan. Membuang anak kucing selagi dia masih kecil dan memisahkannya dari sang induk sama saja dengan membunuhnya pelan-pelan!

  1. Mengurangi/menghilangkan Spraying

Kucing yang tidak dikebiri, terutama kucing jantan akan menandai daerah kekuasaannya dengan spraying (pipis sembarangan). Tidak terlalu masalah jika itu dilakukan di kebun atau ladang, tapi tentu menjadi masalah jika terus-terusan dilakukan di dalam rumah dan menimbulkan bau pesing.

  1. Tidak agresif terhadap kucing yang lain

Kucing jantan mempunyai hormone testosterone yang mempengaruhi perilaku seperti memperebutkan betina, suka menyerang, berkelahi, dan perilaku agresif lain. Ketika kucing disteril, perilaku ini cenderung akan berkurang.

  1. Mengurangi resiko sakit tumor dan kanker prostat

Penyakit pada organ reproduksi ini kebanyakan disebabkan oleh hormon testosterone. Dengan steril hormon testosteron tidak lagi dihasilkan sehingga resiko sakit tumor, kanker uterus atau prostat bisa dikurangi.

  1. Lebih anteng di rumah

Saat musin kawin kucing betina mengeluarkan hormon feromon, dan kucing jantan (meskipun lokasinya jauh) bisa mengenali dan akan mencarinya. Inilah alasan kenapa kucing jantan dewasa yang tidak disteril sering tiba-tiba menghilang, ketahuilah mereka pergi ke tempat kucing betina.

  1. Genetik kucing meningkat

Dalam beberapa kasus kucing disteril karena mempunyai cacat bawaan. Steril membuat kucing yang terlahir cacat berkurang, hasilnya lahir kucing yang lebih sehat dan mempunyai fisik sempurna.

  1. Lebih penurut dan manja

Karena sudah tidak agresif lagi, kucing lebih senang dimanja dan menjadi penurut. Anda pun bisa lebih fokus untuk merawat dan menjaga kesehatan serta kecantikannya. Siapa tak ingin kucingnya sehat, bersih, mudah diatur dan cantik?

Ayo, jadikan kucing Anda perhiasan rumah yang tak ternilai harganya. Meooww!

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *