kesehatan
0

8 Tips Membantu Induk Kucing Yang Hendak Melahirkan

8 Tips Membantu Induk Kucing Yang Hendak Melahirkan

Apakah kucing kesayangan cat lover sedang hamil? Tentu perasaannya campur aduk, antara senang dan khawatir. Senang karena akan lahir bayi-bayi kucing yang lucu dan menggemaskan. Khawatir karena takut jika dalam proses melahirkan nantinya tidak lancar.

Berikut 8 tips membantu induk kucing yang hendak melahirkan supaya lancar dan aman.

  1. Berikan makanan yang bergizi dan cukup vitamin saat si induk kucing hamil. Makanan ini sangat penting untuk perkembangan anak-anak kucing dan kesehatan induknya.
  2. Sebaiknya jangan menggendong atau terlalu aktif mengajak si induk bermain. Berhati-hatilah memegang induk kucing supaya posisi bayi tidak sungsang saat lahir. Cukup dielus dan berikan perhatian padanya karena biasanya induk kucing akan lebih manja.
  3. Siapkan tempat yang hangat dan nyaman. Jika induk kucing tidak dikandang, sediakan beberapa alternatif tempat. Letakkan beberapa kardus kosong atau kandang yang sudah diberi alas. Induk kucing akan memilihnya sendiri. Induk kucing akan melahirkan saat sudah merasa aman dan nyaman.
  4. Jauhkan tempat melahirkan dari gangguan. Induk kucing biasanya menginginkan privacy saat melahirkan. Jauhkan tempat melahirkan kucing dari kucing-kucing lain dan berikan suasana tenang.
  5. Siapkan banyak kain bersih. Cat lover membutuhkan banyak kain bersih untuk alas tidur induk kucing dan anak-anaknya. Gantilah segera alas saat sudah kotor. Karena jika tidak kucing akan memindahkan anak-anaknya ke tempat lain yang dianggapnya lebih bersih.
  6. Selama induk kucing bertanggung jawab, jangan khawatir dengan anak-anaknya. Induk kucing akan mengurusnya sendiri dengan baik, kotoranpun akan dibersihkan dan dimakannya. Sebaiknya jangan sentuh anak-anak kucing supaya induk tetap mengenali bau anaknya.
  7. Sediakan makanan dan minuman yang cukup di dekat induk kucing. Menyusui dan mengurus anak-anak baru membuat induk kucing cepat lapar dan membutuhkan banyak makanan.
  8. Simpan nomer kontak Vet terdekat supaya sewaktu-waktu kucing membutuhkan bantuan medis dapat segera menghubunginya.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *