kebersihan
0

Cara Aman Memandikan Kucing Di Rumah

Cara Aman Memandikan Kucing Di Rumah

Sebagian besar kucing menganggap mandi sebagai ritual yang paling menakutkan. Kucing tidak suka dingin dan basah. Tapi kucing kesayangan cat lovers tetap harus dimandikan supaya tetap bersih dan bebas  dari kutu serta jamur.

Bagi cat lovers yang punya anggaran khusus untuk ke salon kucing, memandikan kucing tentu tidak menjadi masalah. Tapi bagaimana dengan yang ingin memandikan sendiri di rumah?

Berikut cara aman memandikan kucing di rumah.

  1. Pilih waktu yang tepat untuk mandi

Kucing merasa lebih tenang saat perutnya sudah kenyang. Maka mandikanlah kucing setelah dia makan. Selain itu perut yang kenyang tidak akan membuat kucing kesayangan cat lovers masuk angin.

  1. Kondisikan kucing siap mental dulu sebelum mandi

Jangan memaksa apalagi menakut-nakuti kucing. Ajaklah bermain di kamar mandi sebelum dimandikan supaya kucing tidak panik dan stress. Biarkan dia mengeksplor kamar mandi sejenak untuk menguasai area.

  1. Gunakan air hangat

Sebaiknya gunakan bak mandi, ember besar ataupun shower dengan nyala air yang sedang (tidak terlalu deras). Jangan siram kucing langsung menggunakan gayung karena itu membuatnya terlalu kedinginan. Bertahap basahi tubuh kucing dari bagian kaki, leher, perut, punggung, hingga rata. Kemudian usapkan shampoo dengan cara yang lembut dan pijat-pijat kucing supaya relax.

  1. Basahi leher kucing terlebih dahulu jika ingin menggunakan shampoo anti kutu

Kutu memang bandel sekaligus pintar. Saat bulu-bulu basah kutu akan segera berpindah ke bagian muka yang kering dan tidak terjangkau shampoo. Maka basahilah leher kucing terlebih dahulu supaya kutu tidak bisa berjalan ke wajah kucing.

  1. Bilas tubuh kucing dengan air hangat hingga bersih

Jangan menyisakan shampoo di bulu kucing karena bisa berbahaya jika terjilat. Bilas tubuh kucing hingga benar-benar bersih. Kemudian bungkus dengan handuk yang kering, sambil kembali di massage.

  1. Keringkan dengan hair dryer atau berjemur dibawah sinar matahari

Jika kucing sudah familiar dengan hair dryer maka mengeringkan bulu menjadi lebih gampang, tapi ada juga kucing yang justru ketakutan. Sinar matahari (terutama pagi) bagus untuk kucing sebagai sumber vitamin D. Jadi jangan ragu untuk membawanya berjemur setelah mandi. Setelah kering sisir bulu-bulu kucing supaya kembali rapi dan cantik.

 

Foto: Kitty-Takes-a-Bath2.jpg/imgbuddy.com

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *