kesehatan
0

Cerita Emak Kucing, Dido Kucing Yang Pertama Saya Steril …

Cerita Emak Kucing, Dido Kucing Yang Pertama Saya Steril …

Dear, furriends… Apakah Anda belum pernah mensterilkan kucing? Ingin tahu cerita bagaimana steril itu? Emak Kucing dari Kampung Kucing berbagi cerita pengalaman pertamanya mensteril Dido, kucingnya.

“Aku lupa mulai steril tahun berapa ya? sekitar 2010-2011 kalau gak salah.
Kenal drh pertama drh swasta. Karena kondisi keuanganku sangat buruk saat itu ndilalah kok ada yang kasi tau alamat puskeswan.
Ketemulah sama yang namanya drh. Karyo. Sepertinya saat itu dokter di puskeswan terbiasa hanya menangani hewan ternak. Kalaupun menangani hewan peliharaan terbatas saat ada gerakan vaksin rabies saja.”

“Awalnya aku kesana kalau ada kucing sakit. Lama-lama aku mulai sedikit “memaksa” drh. Karyo untuk steril kucingku. Harga awal saat itu 300rb per ekor baik jantan maupun betina. Tapi itu sudah termasuk rawat inap sampai sembuh. Harga ini jauuuuhhhh lebih murah dibandingkan drh swasta yang saat itu memasang tarif 500rb untuk jantan dan 800rb untuk betina.”

Dido. Foto : Dok.Pribadi

Dido. Foto : Dok.Pribadi

Pengalaman mensterilkan kucing yang pertama kalinya pasti tak terlupakan. Bagaimana dengan Emak?
“Yang disteril pertama waktu itu namanya Dido. Waktu itu Dido masih menyusui dua anaknya jadi anaknya ikut dibawa sekalian. Dido rawat inap selama hampir dua bulan! Kok bisa selama itu? Jahitannya Dido beberapa kali lepas, ternyata itu akibat menyusui anaknya dan kondisi kulit Dido yang sensitif. Akhirnya anaknya Dido dipisah kandangnya, luka di perutnya membaik namun entah kenapa Dido ada luka di leher dan lukanya susah sembuh, Waktu jahitan Dido panjang sekali. Sebagai orang yang baru pertama kali steril aku horor juga ya. Untunglah Dido dirawat inap sampai sembuh jadi aku terima bereslah.”

“Melihat jahitan Dido dan lamanya proses pemulihan apa membuatku jera? Tidak. Apa lalu aku mengadu kepada drh lain? Tidak. Apa aku mengadu pada media sosial? Tidak. Aku sadar dengan semua resiko yang aku ambil. Pak dokter sudah berusaha yang terbaik. Aku tahu beliau belum terbiasa menangani hewan peliharaan. Aku percaya padanya, pada ilmu yang dimilikinya, Tapi tetap kita berusaha Tuhanlah yang menentukan. Alhamdulillah Dido sehat wal afiat sampai dia menghilang tahun 2013.”

“Setelah Dido kemudian lanjut ke Fido dan nyicil anakku yang lain satu persatu. Dan jahitan Pak dokter makin lama makin kecil, bahkan sekarang beliau sudah bisa steril dengan tekhnik flank! Hebat kan!”

Itulah pengalaman steril pertama Emak. Maka bersyukurlah yang saat ini sudah mendapatkan fasilitas steril kucing yang murah, juga mudah. Bahkan mungkin gratis?

Dua kucing di Kampung Kucing. www.facebook.com/emak.kucing

Dua kucing di Kampung Kucing. www.facebook.com/emak.kucing

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *