Kisah Inspiratif
5

Onty Qori, Peduli Kucing : Demi Kucing Kita Harus Peduli

Onty Qori, Peduli Kucing : Demi Kucing Kita Harus Peduli

Nama Onty Qori Soelaiman tidak asing lagi bagi para penyayang kucing di tanah air. Onty Qori adalah pendiri Yayasan Peduli Kucing. Boleh dibilang Peduli Kucing merupakan pioneer bagi komunitas-komunitas pecinta kucing di Indonesia yang berkumpul dan saling berbagi dengan memanfaatkan kemudahan jaringan sosial media.

Namun kegiatan Peduli Kucing tak hanya di sosial media saja, mereka secara rutin mengadakan berbagai event dan kegiatan sosial. Seperti apa sebenarnya Peduli Kucing itu? Yuk, kenal lebih dekat Peduli Kucing. Berikut hasil wawancara onty Qori dan MeowMagz.

Onty Qory & Jackson Galaxy. https://www.facebook.com/oing.kucing

Onty Qori & Jackson Galaxy. https://www.facebook.com/oing.kucing

Peristiwa apa yang membuat onty Qori mengambil inisiatif/memutuskan untuk membentuk Yayasan Peduli Kucing?

Peristiwa? banyak banget….

Awalnya hanya keinginan murni untuk kesejahteraan kucing simple itu aja, pertama karena di masyarakat kita
kaum pencinta hewan itu minoritas.
Dan kedua pemilik kucing yang mau bertanggung jawab dan mau belajar tidak banyak.
Karena mungkin dulu wadahnya tidak banyak.

Dan ternyata menurut saya membangun komunitas tidak sesimple itu.

Pengetahuan tentang kucing enggak sebanyak dan seterbuka sekarang.

Tahun 2007 saya mulai jadi volunteer, jumpalitan di baksos steril yang masih harus ngumpet-ngumpet enggak kek sekarang. Karena banyak yang kontra, baksos bantuin teman saya mba Hanny Koeswidjaja (beruntung banget saya kenal ibu satu ini).

Kemudian untuk rescue dan baksos saat itu, cari dokter hewan pintar dan yang true animal lover pun setengah mati susahnya.

Dunia maya belum se-trend sekarang, kita pemilik kucing kebanyakan terbatas main di yahoo group dan forum hewan.

Dari situ udah pengen bikin komunitas, tapi keknya ngerasa ilmu saya belum cukup deh.
Dan ternyata sampe sekarang masih merasa belum cukup juga.
hahaha.

Dari volunteer di baksos.
saya banyak kenalan teman-teman rescuer yang sevisi, mulai punya link drh2 kompeten yang baik hati.

kemudian saya nekat ikutin kucing lokal mantan stray saya tahun 2008 ke CFA international cat show, Alhamdulillah best of the best di kelas house hold pet.

OK saya makin serius.

Tahun 2009 saya berkenalan dengan ibu Yulian Susanty (founder Cat Fancier Indonesia) mulai saya belajar tentang cat show (baik nasional dan international).
kemudian dibantu beliau untuk belajar clerking penjurian international CFA tahun 2009 di Singapore cat show, jadi saya bisa belajar dasar-dasar tentang genetik, standard pedigree, show rules.

kemudian saya mulai cari link2 perusahaan pakan komersil dan mulai kejar CSR mereka.
Karena dari awal saya sudah bertekad tidak mau mengandalkan donasi.
donasi hanya untuk kucing bukan organisasi.
Dan semuanya harus transparant.

Setelah semua itu menurut saya cukup matang, mulai saya kumpulkan sahabat2 rescuer yang sevisi.

13 Jan 2010 – Peduli Kucing berdiri yang memberi nama juga salah seorang sahabat cat lover Mamih Agil bukan saya.

Apakah ada kendala-kendala di awal pembentukan Peduli Kucing, bagaimana cara onty Qori mengatasinya?

Kendala ya pendanaan.
Saya harus berfikir keras gimana cara organisasi bisa jalan tanpa mengandalkan donasi.

Enggak gampang ujug-ujug minta dana CSR perusahaan, bargain APA yang kita bisa kasih ke mereka.
APA benefit yang mereka dapat.
Oke, untuk yang satu ini cara mengatasinya terpaksa saya menggunakan system cara kerja kantor saya untuk bisa mendapatkan tender dan meyakinkan klien.

Kemudian volunteer.
Mencari sumber daya yang mau belajar dan komitmen tidak mudah,dan kebanyakan cat lover perempuan. Saya juga mengerti ada batasan-batasan sebagai perempuan.
Karena hidup kita kan bukan cuma kucing.
Harus balance.

Cara mengatasinya bikin skala prioritas dan toleransi karena setiap individu itu berbeda walaupun kita sama-sama cat lover.

Kemudian saat organisasi ini berkembang juga, muncul visi yang berbeda antar team, tapi enggak buat endingnya jadi permusuhan juga, kita malah bisa saling support selama demi kucing.

Team Peduli Kucing. Dok.Pribadi

Team Peduli Kucing. Dok.Pribadi

Berapa anggota team Peduli Kucing saat ini? Bagaimana caranya jika ingin bergabung?

Saat ini sekitar 20 orang dalam team, bergabung keknya mungkin harus kenal sama saya dulu dan beberapa anggota team yang lain, biasanya berjalan natural dengan sendirinya.
Kalau semua team cocok akan mengalir apa adanya, tapi inti setiap volunteer memiliki keseriusan dan keinginan belajar, barulah setelah itu komitmen akan terbentuk.

Kemudian siap mental.
Karena saat kita terjun di dunia sosial kita harus siap :
– memberikan waktu
– memberikan tenaga dan pikiran
– memberikan uang (keluar kocek sendiri kalo kepepet)

(Yang ingin update info Peduli Kucing bisa akses fans page-nya https://www.facebook.com/PeduliKucing, website http://www.pedulikucing.org/ )

Apa saja kegiatan Peduli Kucing saat ini?

Membuat baksos rutin, minimal sekali dalam setahun.
Baksos steril. Baksos vaksin.
Baksos pakan ke shelter dan pemilik tidak mampu.

Rescue. Setahun sekali setiap kucing-kucing  rescue yang sudah sembuh dan teradopsi, kita jadikan talent calendar peduli kucing bekerjasama dengan pakan komersil dan perusahaan retail.

Edukasi. Melalui sosial media, atau pun melalui event-event kucing yang bersponsor. Program peduli kucing sejak dini. Membangun generasi ramah satwa ke sekolah-sekolah, rumah yatim piatu, stand-stand edukasi di berbagai macam acara bukan cuma di event-event kucing.

Apa cita-cita terbesar Peduli Kucing? 

Kalau ada investor yang berminat pengen punya lahan “amusement park” untuk edukasi generasi ramah satwa.
Jadi bisa belajar apa saja tentang  kucing dengan cara yang fun dan kreatif. Keuntungannya bisa bantu  shelter-shelter, rescue, bikin baksos gratis quota banyak dan sekaligus membuka lowongan kerja untuk para cat lover.

Wow, luar biasa onty Qori dan Yayasan Peduli Kucing. Tahun 2015 ini Onty Qori juga terpilih sebagai finalis Kartini Next Generation Award. Semoga terwujud cita-citanya dan maju terus untuk Peduli Kucing. Semoga juga bisa menjadi inspirasi bagi para cat lover dan komunitas-komunitas penyayang kucing/satwa dimanapun. Keterbatasan bukan kendala, tapi tantangan yang harus dicari solusinya. Ayo, bersama kita wujudkan Indonesia yang lebih ramah binatang. Meoow!

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 5 komentar

  • Agung says:

    saya sangat salud dengan jasa ibu Qori terhadap kucing. kebetulan saya juga sangat menyukai kucing. saya ingin sekali tergabung sebagai aktivis penyelamat kucing jalanan. bagaimana caranya? apakah ada info kontac yang bisa dihubungi. mohon bantuannya. terima kasih. Agung-Jakarta

  • Shinta Sari Wahju says:

    Salam kenal… sy Shinta… sy sgt suka dng kucing.. nmun saat ini anak kucing sy msh kira2 umur 1 bln… sy tmukan d knt sy… skrg matanya sdg bngkak dn klopaknya spt trtutup selaput…. sedih bgt mlihatna… dan dia mulai susah mnum susu… sdh bw k drh. Martha d kartini raya… kira2 apakah ad tmn2 atau mba Onty mgk bs mmbntu sy utk merawat anak kucing sy utk d rawat atau af kah tmpt pnitipan hewan… ad 2 ekor… yg satu nya lumayan sehat…. terima kasih atas prhtiannya… ☺

  • Meyda says:

    Saya tinggal di kosan daerah rawamangun tepatnya jalan taman jelita no 6. To the point aja, kosan saya 3 lantai, lantai pertama untuk yg punya rumah, lantai ke dua kosan perempuan, lantai ke tiga tempat jemuran, ditempat jemuran banyak kucing2 kecil liar hidup diatap rumah ini sekaligus rumah tetangga. Akhir2 ini seperti terdengar (dilantai 2 kosan perempuan) suara kucing dibalik tembok kayak minta tolong. Kayaknya salah satu kucing kecil yg hidup liar diatas ada yang terjatuh masuk ke belakang tembok yg tingginya gatau seberapa. Saya binggung mau nolong tapi lewat mana.
    Harap ada yg bisa membantu saya untuk kucing tersebut agar keluar dari balik tembok tanpa harus merusak rumah karena dia sudah hampir 3 hari minta tolong. Makasih (081556518100)

  • Fira Nurul says:

    Assalamu’alaikum,
    Saya mau minta bantuan, di lingkungan rumah saya anak indukan kucing sama anaknya dua, di punggung indukannya ada luka, tadinya kecil tapi jadi ngelebarin. Saya nggak tau itu kenapa, jadi saya mau minta bantuan siapa tau mau ada yang kasih obat atau rawat, lokasi di cimahi. Sekian.

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *