Fakta Kucing
0

Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Steril Kucing

Persiapan Yang Harus Dilakukan Sebelum Steril Kucing

Pengalaman mensterilkan kucing akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Tak hanya butuh kesiapan fisik, tapi mental juga. Maka persiapkan diri cat owner dan kucing dengan sebaik-baiknya supaya steril dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Berikut persiapan yang harus dilakukan sebelum mensteril kucing :

1. Lihat usia kucing

Steril bisa dilakukan pada kucing yang telah berusia 5 – 8 bulan. Meskipun ada yang melakukan steril sebelum kucing mencapai usia tersebut, tapi hendaknya faktor kesiapan dan kesehatan kucing juga diperhatikan.

2. Kucing dalam kondisi sehat dan tidak sedang hamil

Kucing yang sakit tidak boleh disteril, tunggulah sampai dia sehat dan kuat untuk menjalani prosedur operasi. Kucing hamil jelas tidak boleh disteril, karena jika disteril sama saja dengan aborsi atau menggugurkan kandungan.

3. Puasakan kucing minimal 5 – 7 jam sebelum operasi

Sama seperti manusia, sebelum pelaksanaan steril kucing juga diharuskan berpuasa terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari supaya kucing tidak muntah saat dibius. Tapi kucing tetap boleh minum.

4. Bawa kucing dalam kandang yang aman

Saat pergi ke tempat yang baru biasanya kucing panik dan stress. Carrier/tas khusus kucing biasanya sudah memenuhi standar keamanan agar kucing tidak bisa membukanya sendiri. Namun jika menggunakan keranjang rio atau tas biasa, maka ikat dengan kuat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kucing meronta, mengamuk, membukanya hingga melarikan diri.

5. Sebaiknya carilah tempat atau klinik untuk steril yang terdekat

Ini bukan hanya soal biaya, tapi pertimbangkan jarak antara rumah dan tempat steril supaya kucing tidak harus melakukan perjalanan yang jauh dan melelahkan. Selain itu perhitungkan juga alat transportasi yang hendak digunakan, jangan sampai ketidaknyamanan selama di perjalanan membuat kucing bertambah stres atau trauma.

6. Dampingi dan berikan perhatian

Dalam kondisi yang bingung dan takut, kucing sangat membutuhkan kehadiran orang yang dikenalnya. Berikan perhatian dan belaian lembut supaya kucing tenang dan tidak takut. Yakinkan kucing kesayangan, Anda ada untuknya.

Oke, selamat bersiap-siap!

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *