Berita
0

Polisi Hutan Kaltim Tangkap Penjual Satwa Langka

Polisi Hutan Kaltim Tangkap Penjual Satwa Langka

Memburu, menjual dan memiliki satwa langka dilarang oleh Undang-Undang. Namun tetap saja ada orang yang terang-terangan menjualnya di pasar ‘online’.

Menjual hewan langka secara online menggunakan media jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain, para pelaku berharap akan cepat mendatangkan pembeli. Tapi bukannya pembeli yang datang, justru polisi hutan.

Seperti yang terjadi pada seorang pelajar berinisial FR. Disinyalir dia adalah distributor satwa langka untuk penjualan di Samarinda dan Tenggarong. Satuan Polisi kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) Kalimantan Timur berhasil mengamankan belasan satwa liar yang dilindungi dari tangan FR ini. Dilansir dari Kompas.com (Sabtu, 19/09/2015).

Hewan-hewan liar yang berhasil disita antara lain enam ekor anak kucing hutan, empat ekor bayi lutung merah, seekor owa-owa, dan empat ekor bayi elang bandol.

Foto : Kompas.com

Foto : KOMPAS.com/Gusti Nara

Menurut Brigadir Enggang SPORC, Haris Sri Kuntjoro diduga FR masuk ke jaringan sindikat penjualan hewan langka. Namun FR tidak pernah tahu dengan siapa dia berkomunikasi. Untuk transaksi jual beli pun, FR hanya transfer uang seharga barang.

“Diduga ini modus berjaringan. FR membeli hewan-hewan tersebut, lalu menjualnya secara online. Untuk pembayaran, FR selalu transfer ke Kalsel. Meski berbisnis, FR sama sekali tidak tahu dengan siapa dia berhubungan. Mereka hanya berkomunikasi melalui ponsel,” jelasnya, Sabtu (19/9/2015).

Meskipun FR mengaku tidak tahu berhubungan bisnis dengan siapa, polisi tetap bisa melacak dengan melakukan investigasi pada rekening bank dan nomer ponsel yang dipakai untuk berhubungan dengan jaringan penjual satwa langka ini kan? Ayo bongkar!

Good job, pak Polisi. Terima kasih dan lanjutkan! Meoow.

 

Sumber : http://regional.kompas.com/read/2015/09/19/23380401/Polisi.Hutan.Kaltim.Sita.Hewan.Langka.yang.Dijual.Online

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *