Fakta Kucing
0

Sultan Baybars, Membangun Taman-Taman Khusus Kucing

Sultan Baybars, Membangun Taman-Taman Khusus Kucing

Kucing-kucing yang bebas berkeliaran di area-area umum seperti taman, masjid dan bahkan hotel menjadi pemandangan yang umum terlihat di kota-kota Timur Tengah. Mulai dari Kairo, Istambul hingga Damaskus. Kota-kota ini begitu ramah terhadap kucing. Sejak kapan sebenarnya kebiasaan seperti itu dilakukan?

Koin mata uang Sultan Baybars.

Koin mata uang Sultan Baybars.

Sebagai kota yang mayoritas penduduknya muslim, mereka mengikuti Rasulullah yang memelihara dan menyayangi kucing. Puncaknya adalah pada masa Sultan Baybars dari Mesir. Sultan Baybars merupakan Sultan ke-4 dari Dinasti Mamluk. (abad ke-13)

Baybars lahir di Dasht-i Kipchak / Cumania, antara Edil (Volga) dan sungau Yaiyk (Ural), berasal dari suku Cumans-Kipchak (suku Berish yang saat ini tinggal di Kazakhstan). Ia berkulit putih, berambut pirang, bertubuh tinggi, dan memiliki katarak di salah satu mata kebiruannya. Nama Baybars, berasal dari bahasa Kipchak Turkic yang artinya kepala (bay) dan panther (bars).

Ikon Baybars. Mirip kucing atau panther.

Ikon Baybars. Mirip seekor kucing atau panther.

Baybars pada mulanya adalah seorang komandan prajurit di bawah panglima perang Shalahudin Al Ayyubi. Kemudian dibawah kepemimpinan Baybars, pasukannya banyak melakukan penaklukan dan juga perundingan-perundingan. Julukannya Abu Futuh (The Father of Conquest).

Baybars menjadi penguasa di Mesir pada 1223 – 1277 M. Pada masa pemerintahannya, Sultan Baybars membangun taman-taman yang khusus diperuntukkan untuk kucing di Kairo. Kucing bebas bermain dan mendapatkan berbagai jenis makanan di dalamnya. Sultan Baybars  mewakafkan tempat tersebut untuk para kucing.

Masjid Al Zahid Baybars. Foto : www.snipview.com

Masjid Al Zahid Baybars. Foto : www.snipview.com

Maka hingga hari ini, kucing-kucing di Kairo masih bebas berkeliaran. Penduduk setempat juga terbiasa memberikan makanan bagi para kucing, sukarela setiap harinya. Tak heran jika kucing disana hidup layaknya seorang raja, dilayani dan dihormati.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *