kebersihan
6

Tips Mengatasi Kucing Kembung

Tips Mengatasi Kucing Kembung

Hah? Kucing bisa sakit kembung dan masuk angin seperti manusia? Yup, perut kucing bisa kembung antara lain karena kedinginan saat dimandikan atau terlalu lama gegoleran di lantai yang dingin. Akibatnya perut buncit dan keras.

Bagaimana penangannya? Yang perlu diperhatikan adalah kucing kembung harus segera ditangai jangan sampai terlambat. Sama seperti pada manusia, perut kembung dan masuk angina rasanya tidak nyaman sekali.

Berikut tips mudah mengatasi kucing kembung.

  1. Gosok dengan minyak kayu putih/minyak telon pada area perut, dada, dan telinga. Oleskan secukupnya jangan terlalu banyak supaya kucing tidak kepanasan. Dan jangan coba-coba meminumkan minyak telon/kayu putih ini.
  2. Siapkan alas tidur yang hangat dan senyaman mungkin. Bisa pergunakan selimut tebal, handuk, atau pakaian bekas untuk menghangatkan tubuh kucing.
  3. Jangan nyalakan AC, kipas angin dan hindari angin semilir di ruangannya. Nyalakan lampu untuk memberikan penerangan dan supaya kucing cepat merasa hangat (bisa pergunakan bohlam nyala kuning).
  4. Berikan makanan yang lunak dan minuman hangat. Sebaiknya jangan berikan makanan dry food dahulu hingga kucing benar-benar sembuh.Karena dry food akan mengembang di perut dan memberikan efek perut semakin tidak nyaman.
  5. Perut kucing bisa dikompres dengan menggunakan handuk kecil yang direndam air hangat untuk membantu mengeluarkan gasnya.

Jika perut kembung kucing tak juga kunjung sembuh, segera bawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

 

Foto : Pixabay

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 6 komentar

  • abi says:

    Ok,thanks infonya 🙂

  • mia dr says:

    bagai mana kalau kucing laki-laki tapi perutnya besar,buncit,kembung dan jika BAB akan mengeluarkan cacing??
    cara mengatasinya bagaimna yah?
    mohon di bantu!!!

  • kucing saya perut nya kembung , keras , buncit , gak mau makan / minum , gak pernah BAB ,,, obat untuk mengatasinya apa ??

  • novita kusuma says:

    Kucing saya bru umur sktar 3 bulan lbih..awalnya bdannya kurus setlh diksih susu sm makan lebih baik tpi 2 hri kemudian kurus lagi trus tiba2 perutnya buncit besar seketika.. tnpa ada muntah diare dan ga pernah keluar feses itu gimna ya diksih obat apa?? trus penyebabnya krna apa?

  • Pecintakucing says:

    Min kalo kucing saya habis dimandiin dia kok muntah2 terus ngeluarin liur terus dia juga nggak mau masuk rumah terus rentan waktu agak lama dia normal lagi kayak biasanya.gitu sakit ngga

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *