Fakta Kucing
0

Tips Perawatan Kucing Pasca Steril

Tips Perawatan Kucing Pasca Steril

Merawat sendiri kucing pasca operasi steril bagi sebagian orang mungkin terdengar menakutkan. Oleh karena itu banyak yang kemudian menitipkan di klinik sampai kucing sembuh dan bisa dibawa pulang. Sebenarnya merawat sendiri kucing pasca operasi tidaklah sulit, disamping keuntungan bisa lebih memberikan perhatian dan kasih sayang pada kucing.

Berikut tips perawatan kucing pasca steril.

  1. Beri alas koran atau kain

Sesaat setelah operasi, kucing biasanya belum sadar dari obat bius. Letakkan kucing diatas alas koran atau kain bersih. Waktu tersadar masing-masing kucing berbeda, antara 15 menit – 30 menit, bahkan kadang lebih lama. Jangan panik, tunggu saja sambil dibelai sayang.

  1. Pastikan kucing dalam keadaan selalu bersih

Pengaruh obat bius perlahan akan menghilang setelah kucing pipis. Segera bersihkan dan ganti alas tidurnya. Terkadang kucing juga muntah karena mual.

  1. Tempatkan kucing di tempat yang aman

Pada hari pertama, kucing belum pulih dan masih lemas. Tempatkan kucing dalam kandang atau kamar. Jangan membuka akses untuk keluar rumah. Beri selimut yang hangat dan nyaman untuk dia tidur.

  1. Berikan waktu istirahat yang cukup

Pemulihan pada kucing jantan lebih cepat dari betina, biasanya hari kedua pun kucing jantan sudah bisa beraktivitas seperti biasa. Tapi berikan mereka kesempatan untuk beristirahat yang cukup supaya luka cepat menutup. Hindari melompat , berlarian, dan aktivitas ekstrim lainnya.

  1. Sebaiknya berikan makanan lunak dan air minum bersih

Pemberian makanan lunak (misal wet food) bertujuan supaya lebih mudah dicerna dan gampang dikeluarkan saat buang air besar. Hari pertama dan kedua biasanya kucing belum bernafsu makan, mereka memilih lebih banyak minum. Namun tetap sediakan makanan, siapa tahu mereka sudah mau makan.

  1. Periksa luka bekas operasi secara berkala

Hal ini untuk mengetahui jika ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti jahitan terbuka, berdarah, atau bernanah supaya bisa segera ditangani. Jika ada kotoran yang menempel, langsung bersihkan.

  1. Jaga jahitan operasi selalu aman

Jika kucing Anda termasuk agresif dan terus berusaha mencoba membuka jahitan operasi, maka disarankan memakaikan ecollar.

Sebaliknya setelah minimal 5 -7 hari perban pada kucing betina akan terbuka (jika operasi masih menggunakan teknik perban). Biarkan terbuka dengan sendirinya atau oleskan minyak sayur untuk membantu kucing melepaskan perban, tapi jangan paksa melepas perban dengan cara kasar.

  1. Jangan mandikan kucing minimal 2 minggu setelah operasi

Selama proses penyembuhan, tidak boleh memandikan kucing supaya luka bekas operasi bisa cepat menutup.

Masa penyembuhan tiap kucing berbeda, tapi pada umumnya dalam waktu 2 minggu hingga 1 bulan luka operasi akan benar-benar kering dan menutup sempurna. Bulu-bulu bekas cukuran juga akan segera tumbuh lagi.

Semoga bermanfaat.

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *