Fakta Kucing
0

Cara Merawat Anak Kucing Adopsi

Cara Merawat Anak Kucing Adopsi

Anak kucing biasanya mulai ditawarkan untuk diadopsi ketika sudah berumur minimal 8 bulan. Meski sudah bisa lepas susu dari induknya, namun pawrents sebaiknya mengetahui apa saja yang harus dilakukan jika mengadopsi kucing yang masih kecil.

Anak kucing yang dipisahkan dari induk dan saudara tentu saja akan ketakutan, stress dan sering menangis. Jadi, sipaya kucing adopsi bisa cepat beradaptasi berikut tips yang bisa dicoba.

  1. Mintalah selimut yang berbau seperti induk atau saudaranya

Bau selimut yang dirasa akrab oleh anak kucing akan memberikan kenyamanan dan mengurangi ketakutan dia pada lingkungan baru.

  1. Sesuaikan makanan anak kucing dengan apa yang dia makan sebelum diadopsi

Jangan langsung mengganti makanan anak kucing dengan makanan yang lain. Pergantian makanan secara mendadak bisa mengakibatkan kucing mencret dan berakibat buruk pada kesehatannya. Sebaiknya berikan makanan khusus anak kucing hingga dia berumur satu tahun.

  1. Selalu sediakan air bersih yang banyak

Anak kecing membutuhkan banyak minuman. Biasanya mereka lebih tertarik pada air yang berada tidak terlalu dekat dengan tempat makannyannya. Anda bisa menempatkan beberapa mangkuk air di beberapa bagian rumah.

  1. Kenalkan kucing pada rumah baru secara bertahap

Mula-mula Anda bisa mengenalkan pada satu ruangan dulu. Tempatkan kucing dalam kandang atau carrier yang terbuka supaya jika sewaktu-waktu ingin bersembunyi dia tahu sebaiknya dimana. Letakkan peralatan makan, minum dan litter box tidak jauh dari kandangnya.

  1. Jagalah kucing dan benda-benda disekitarnya supaya tetap aman

Anak kucing akan mencoba semua jenis permainan, kabel listrik pun bisa sangat menarik. Hindarkan dia dari menggigit kabel listrik yang berbahaya atau peralatan gadget lainnya. Tutup lemari dan simpan benda-benda penting di tempat yang tidak bisa dijangkau kucing.

  1. Berikan waktu dan perhatian sebanyak mungkin

Anda membutuhkan waktu  untuk membangun ‘bonding’ atau keterikatan batin dengan si anak baru. Anak kucing akan belajar mengenali bau, suara dan segala gerak-gerak ‘pawrents’nya. Berikan waktu dan perhatian untuknya agar dia cepat ‘jinak’. Lakukan kegiatan seperti mengelus, bermain, menyisir bulu dan lain sebagainya.

  1. Rencanakan kunjungan ke dokter hewan

Pada usia sembilan bulan, kucing bisa memperoleh vaksin pertamanya. Biasanya sekaligus dengan pemberian obat cacing dan kutu. Mencegah kucing sakit adalah pilihan yang lebih baik daripada terlambat mengobatinya di kemudian hari.

 

Foto : Pixabay

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *