Berita
4

Hewan Liar di DKI Jakarta Akan Dibuatkan Tempat Penampungan Khusus

Hewan Liar di DKI Jakarta Akan Dibuatkan Tempat Penampungan Khusus

Jakarta sebagai ibu kota negara terus berbenah. Tak hanya memperhatikan pembangunan fisik dan manusianya, tapi juga mulai memperhatikan kesejahteraan hewan yang berada di dalam kawasan.

Tentu masyarakat masih inget kebijakan melarang topeng monyet yang disambut baik oleh banyak pihak. Dan sekarang pemerintah DKI melanjutkan dengan menyiapkan proyek baru yakni membuat shelter atau penampungan hewan yang layak bagi hewan liar.

Nantinya hewan liar seperti anjing, kucing dan monyet akan ditampung di satu tempat yang bisa memuat ribuan hewan. Saat ini Jakarta baru punya satu tempat penampungan hewan di BKHI Ragunan. Dirasa tempat itu tak lagi mencukupi untuk menampung hewan-hewan liar yang selama ini dijaring di jalan-jalan.

Gubernur DKI Jakarta, Ahok sudah mengintruksikan untuk segera membuat shelter khusus terutama untuk anjing, kucing dan monyet. Penertiban hewan liar di Jakarta mengacu pada Peraturan Daerah Nomer 11 Tahun 1995 tentang pengawasan hewan rentan rabies serta pencegahan dan penanggulangan rabies di wilayah DKI Jakarta.

Wakil Gubernur, Djarot Saiful Hidayat juga mengatakan pembangunan tempat penampungan hewan liar ini bertujuan untuk mencegah penyebaran penyakit menular dari hewan.

Menurut Darjamuni, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DKPP) shelter yang dibangun nantinya akan memperhatikan aspek animal welfare. Hewan harus bebas dari rasa lapar, haus dan malnutrisi, bebas dari rasa takut dan tertekan, bebas dari sakit dan cedera serta bebas mengekspresikan perilaku normal alaminya.

Kemungkinan tempat penampungan hewan itu akan berada di lahan pemprov DKI di kawasan Bampu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Realisasi shelter akan segera di mulai pada 2016 mendatang.

Yuk didukung. Semoga segera terwujud!

 

Sumber : http://bit.ly/1P0vdgl & http://bit.ly/1MO0n5W

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 4 komentar

  • Eldy says:

    Alhamdulillah, akhirnya nasib hewan terlantar di Indonesia ada yang memperhatikan. semoga shelter2 ini segera terwujud dan semoga juga kota2 lain di Indonesia bisa mengikuti..amiinn

    • agus says:

      Bisa mencontoh di Turki Yang lebih dulu punya tempat penampungan yang sangat bagus salut. Semoga segera terlaksana di Jakarta dan menyusul kota-kota lainnya.

  • irene ina says:

    Dimana ya alamatnya tolong infonya penampungan anjing

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *