Fakta Kucing
0

Seberapa Cepat Anak Kucing Tumbuh Dewasa?

Seberapa Cepat Anak Kucing Tumbuh Dewasa?

Rasanya baru kemarin menyaksikan induk kucing kesayangan melahirkan bayi-bayi yang lucu dan tak berdaya. Namun kini sudah berkali lipat besarnya dan mungkin sebentar lagi punya anak juga! Seberapa cepat sebenarnya anak kucing tumbuh dewasa?

Saat baru lahir bayi kucing rata-rata memiliki bobot 3 -5 ons. Dan berat badan itu akan bertambah setiap harinya. Hal itu menandakan mereka mendapatkan gizi yang baik dari induknya maupun makanan khususnya.

Enam minggu pertama adalah waktu yang paling penting. Kesehatan anak kucing harus benar-benar dijaga karena diusia tersebut mereka sangat rentan terserang bermacam penyakit.

Mata kitten baru akan terbuka pada hari ke 9 sampai 14. Pada awalnya berwarna biru, kemudian akan berubah ke warna mata permanen saat berusia 4 – minggu. Pada minggu ke 3 telinga terbuka sempurna dan pada minggu keempat giginya mulai tumbuh.

Kemudian pada umur sekitar 5 minggu mereka bisa mulai dikenalkan dengan makanan selain air susu induk. Berikan makanan khusus untuk kitten atau makanan yang sudah dilunakkan. Pada tahap ini mereka pun mulai mengeksplorasi bagian-bagian rumah.

Dari sekitar usia 7 hingga 12 minggu, pertumbuhan fisik dan kepribadian terus berkembang pesat. Pada umur 8 minggu mereka sudah bisa mendapatkan vaksin pertamanya. Mereka juga semakin banyak waktu untuk bermain, berlari dan menerkam.

Pada usia sekitar 4 bulan mereka akan kehilangan gigi susunya, tapi akan segera tumbuh gigi baru. Pada umur 5 atau 6 bulan mereka sudah bisa disteril jika Anda menghendaki untuk mengontrol populasi kucing di rumah Anda.

Pada usia 12 bulan anak kucing setara dengan anak manusia remaja berusia sekitar 15 tahun. Mereka sudah sempurna perkembangan fisiknya, namun belum benar-benar siap untuk bereproduksi.

Jadi dalam waktu satu tahun saja, Anda sebenarnya sudah mempunyai ‘anak’ remaja! Meeoow.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *