kebersihan
0

12 Tips Merawat Kucing Sakit Flu

12 Tips Merawat Kucing Sakit Flu

Flu kucing merupakan penyakit yang umum terjadi pada kucing, namun jika tidak ditangani dengan benar bisa berakibat fatal.

Vaksin diperlukan sebagai pencegahan, namun tidak menjamin kucing bebas sepenuhnya dari serangan flu. Hanya saja kucing yang sudah divaksin mempunyai daya tahan tubuh yang lebih bagus.

Berikut tips merawat kucing yang sakit flu.

  1. Segara pisahkan kucing yang sakit flu dengan kucing sehat lainnya. Tempatkan di tempat yang hangat dan bersih.
  2. Kucing harus tetap makan dan minum supaya lebih kuat dan tidak lemas. Jika kucing tidak mau makan, suapi atau gunakan spuit.
  3. Berikan suplemen penguat daya tahan tubuh. Anda bisa konsultasikan jenis dan dosisnya dengan dokter hewan. Penggunaan obat herbal seperti propolis atau madu juga dapat membantu.
  4. Jemur kucing dibawah panas matahari pagi. Jika tidak ada matahari, letakkan kucing di kandang dengan lampu hangat.
  5. Jaga kebersihan rumah, kandang dan area bermain kucing. Gunakan cairan antibakteri untuk membersihkan lantai. Cuci bersih peralatan makan dan minumnya.
  6. Jangan ganggu waktu istirahatnya. Kucing yang terserang flu akan lebih banyak tidur untuk melawan penyakitnya, jadi sementara jangan diajak bermain dulu. Cukup berikan belaian sayang dan perhatian lebih.
  7. Jangan mandikan kucing yang sedang sakit flu. Tunggu sampai kucing benar-benar sembuh baru boleh dimandikan. Jika badan kucing kotor, seka dengan washlap.
  8. Bersihkan ingus atau kotoran mata dengan kapas atau tisu basah. Jangan dibiarkan mengering karena akan semakin sulit dibersihkan, juga bisa membuat luka.
  9. Periksa telinga kucing dan bersihkan apabila kotor. Saat flu kucing rawan terserang penyakit lainnya, seperti ear mite (kutu telinga). Jika tidak segera diatasi, bisa berakibat semakin parah.
  10. Anda dapat mengoleskan sedikit minyak telon atau kayu putih pada leher atas kucing untuk meringankan gejala flunya.
  11. Hindari penggunaan obat-obatan flu untuk manusia (terutama yang ditelan/minum). Penggunaan obat flu yang dihirup (seperti vicks vaporub atau medicated) berdasarkan pengalaman dapat membantu meringankan flu kucing. Saran, mintalah obat yang paling tepat dari dokter hewan.
  12. Kucing sebaiknya berada di dalam rumah. Banyak bermain di luar rumah dapat memperlambat proses penyembuhan dan rawan terkena berbagai penyakit lainnya. Apalagi jika cuaca kurang bersahabat. Keep healthy, Meow!

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *