kesehatan
0

Tips Mengatasi Demam Kucing

Tips Mengatasi Demam Kucing

Apakah kucing kesayangan catlover sedang demam? Demam sebenarnya merupakan respon alami tubuh untuk melawan penyakit yang menyerang tubuhnya. Badan terasa panas karena sedang bekerja meningkatkan penyebaran aliran darah ke jaringan-jaringan yang sedang terluka untuk disembuhkan.

Namun, ada saatnya demam menjadi berbahaya dan kucing membutuhkan pertolongan. Badan yang terlalu panas membuat kucing tidak nyaman bahkan kejang-kejang. Berikut tips mengatasi demam pada kucing yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Periksa badan kucing

Hal pertama yang dilakukan adalah memeriksa badan kucing. Tekan dan usap perlahan seluruh tubuh untuk memeriksa apakah ada bagian yang bengkak, luka, atau cedera lainnya. Demam bisa juga disebabkan karena cedera serius. Jika kucing kesakitan pada bagian tubuh tertentu, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.

Dinginkan tubuh kucing

Suhu normal tubuh kucing antara 37,7 – 39,1 celcius. Jika lebih dari itu maka Anda dapat membantu mendinginkan tubuhnya dengan penguapan melalui cakar atau saluran pernafasan. Nyalakan AC atau kipas angin dalam ruangan tempat kucing. Seka tubuh kucing dengan kain yang dibasahi air dingin terutama pada bagian cakar/paw. Anda bisa juga menggunakan buntalan es (kompres es).

Sediakan air minum yang banyak

Demam juga dapat menimbulkan dehidrasi. Letakkan semangkuk air bersih di dekat tempat tidur kucing supaya dia bisa minum kapan saja. Jika dia tidak mau minum, Anda dapat memberikan minum dengan menggunakan spuit (alat suntik tanpa jarum).

Pastikan kucing tetap makan

Demam banyak menguras energi dan jika tidak diimbangi dengan makanan membuat tubuh kucing semakin lemah. Tapi biasanya saat demam kucing malas makan makan bahkan tidak mau makan sama sekali. Pancing dengan makanan yang dia sukai atau masukkan makanan lewat spuit. Berikan makanan cair yang bernutrisi tinggi seperti susu tanpa laktosa atau wet food recovery.

Berikan suplemen penambah nafsu makan dan daya tahan tubuh

Anda dapat memberikan suplemen penambah daya tahan tubuh dan nafsu makan supaya kucing lebih kuat dan cepat sembuh. Pilih suplemen yang mempunyai bahan kandungan aman untuk kucing. (Contoh : Imboost, Stimuno, Lysine, dan lain-lain).

Get well soon, Meow!

 

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *