kebersihan
0

Waspada Flu Kucing (Cat Flu)

Waspada Flu Kucing (Cat Flu)

Musim hujan identik dengan tanah yang basah dan udara lembab. Bermacam bakteri dan virus berkembang biak dengan pesat pada saat seperti ini. Maka waspadalah dengan berbagai penyakit yang ditimbulkannya, salah satunya flu kucing (cat flu).

Sama seperti manusia, kucing ternyata bisa terserang flu dan pilek. Apa sebenarnya flu kucing itu?

Penyebab flu kucing

Cat flu disebabkan oleh infeksi satu atau beberapa jenis virus (calici, panleu, herpes) dan bakteri. Virus terbawa oleh air hujan, angin, bahkan bisa juga oleh pakaian yang dikenakan oleh pawrents saat bepergian ke luar rumah. Sedangkan bakteri bisa ditimbulkan dari buruknya sanitasi dan kebersihan lingkungan.

Apakah menular?

Cat flu sangat menular. Jika diantara kucing Anda ada yang sakit flu, segera pisahkan dari kucing-kucing lainnya. Cat flu menular melalui bersin, droplet (cairan bersin), dan air liur kucing yang mengandung virus. Peralatan makan, minum dan tidur yang bercampur juga bisa menularkan virus.

Demikian juga tangan pawrents yang merawat kucing flu, dapat tanpa sengaja menjadi media penyebaran virus. Cuci tangan dengan antiseptik setelah mengurus kucing yang sakit sebelum menyentuh kucing lain yang sehat. Kabar baiknya cat flu tidak menular pada manusia.

Tanda-tanda kucing terserang cat flu

Masa inkubasi cat flu sekitar 3 minggu. Kucing yang terserang flu bisa saja awalnya tidak menunjukkan gejala sakit padahal sebenarnya sedang terserang virus. Kucing terlihat jelas sedang sakit flu jika dia mulai bersin-bersin, demam, mata merah dan berair, hidung meler, dan tidak mau makan.

Kucing yang terserang flu biasanya juga menderita sariawan pada mulut atau radang tenggorokan sehingga dia kehilangan nafsu makan. Kucing terlihat lemas, bulu-bulu berdiri dan mengumpul, serta mata sayu tertutup selaput.

Penyembuhan cat flu

Cat flu dapat disembuhkan dengan perawatan yang tepat. Kekebalan tubuh berperan penting untuk kesembuhan penyakit ini. Pemberian vitamin penguat daya tahan tubuh dan makanan bernutrisi tinggi dapat mempercepat proses penyembuhan.

Berikan perhatian lebih jika flu menyerang anak kucing dibawah usia 6 bulan atau yang belum divaksin. Mereka yang paling rentan terhadap flu. Vaksinasi memang tidak membuat kucing terbebas dari sakit, namun jika terserang penyakit penyembuhannya akan lebih cepat.

 

Sumber : dari berbagai sumber

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *