Fakta Kucing
0

6 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur si Meong

6 Fakta Unik dari Kebiasaan Tidur si Meong

Dalam sehari, bisa jadi kegiatan yang paling menyita waktu kucing adalah tidur. Ya, tidur. Kucing terkenal paling suka tidur dan bergelung dalam waktu yang lama. Sebagai hewan yang berada di puncak rantai makanan, bisa dibilang kucing memang pemalas.

Namun jangan salah, kucing tidur bukan karena malas, tapi karena mereka butuh cadangan energi yang besar yang akan digunakan sewaktu-waktu mangsa atau bahaya datang mendekat.

Selain itu, ternyata kucing menyimpan banyak fakta unik terkait kegiatan tidurnya ini.

1. Meskipun kelihatannya tidur sepanjang hari (16 jam sampai 20 jam), sebenarnya kucing hanya menggunakan 1/4 dari waktu tidurnya tersebut untuk tidur nyenyak atau deep sleep.

2. Saat tidur nyenyak, kucing bisa bermimpi seperti halnya manusia. Jika saat tertidur kucing nampak menggerak-gerakkan kumis, kaki atau telinganya tanpa kontrol itu merupakan pertanda bahwa kucing sedang bermimpi.

3. Tidur-tiduran ala kucingdisebut snooze mode. Terlihat seperti tidur namun sebenarnya sadar sepenuhnya. Perilaku ini mengikuti kebiasaan nenek moyangnya menyiapkan energi yang besar untuk berburu yang membutuhkan banyak energi.

4. Bayi kucing dan kucing tua (diatas usia 8 tahun) menghabiskan waktu tidur lebih lama daripada kucing remaja dan dewasa.

5. Beberapa jenis kucing mendengkur saat sedang tidur pulas. Kucing ras hidung pendek seperti Persia dan Himalayan lebih sering mendengkur daripada kucing yang berhidung ‘mancung’. Kucing yang gemuk juga punya kebiasaan mendengkur saat tidur.

6. Perubahan pola tidur kucing dapat menunjukkan kondisi kesehatannya. Jika kucing kesayangan tidur terus menerus tidak seperti kebiasannya, periksalah jangan-jangan dia sedang sakit.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *