Berita
1

Ilmuwan Temukan Cara Hentikan Pergerakan Parasit Toxoplasma

Ilmuwan Temukan Cara Hentikan Pergerakan Parasit Toxoplasma

Toxoplasma masih menjadi penyebab utama sebagian besar orang takut berdekatan dengan kucing. Padahal ilmu pengetahuan terus berkembang dan telah menemukan cara-cara untuk menghindari atau melumpuhkan parasit ini.

Para pakar sepakat Toxoplasma gondii merupakan salah satu jenis parasit yang bisa hidup dan bertahan di dalam tubuh manusia tanpa disadari oleh sang ‘inang’.

Seperti halnya penyakit yang ditularkan nyamuk, parasit ini sebenarnya hanya menumpang di tubuh kucing. Tapi bila kebersihan si kucing dijaga, maka kucing tidak akan membawa Toxoplasma.

Tim peneliti dari Walter and Eliza Hall Institute of Medical Research, Melbourne berupaya menemukan cara untuk membunuh parasit ini.

Ternyata sebelum tinggal di dalam tubuh manusia, Toxoplasma menimbun makanan dalam jumlah besar agar bisa bertahan hidup lama. Makanan parasit ini berbentuk zat tepung atau pati.

Kemudian peneliti menemukan enzim yang disebut CDPK2 (calcium-dependent protein kinase 2). Enzim ini berfungsi sebagai semacam ‘saklar’ yang dapat mengendalikan proses penimbunan makanan yang dilakukan si Toxoplasma.

“Jika kita berhasil mematikan ‘saklar’ ini, atau menghilangkannya, maka parasit itu tidak akan bisa mengendalikan jumlah makanan yang ditimbunnya. Dan kalau penimbunannya berlebihan, mereka akan meledak dengan sendirinya,” jelas peneliti, Dr Chris Tonkin seperti dikutip dari ABC Australia, Jumat (11/12/2015).

Bila sumber energinya berhasil dimusnahkan, peneliti yakin si parasit tak akan dapat bertahan di dalam tubuh inangnya lagi.

Tonkin juga berharap temuan ini bisa menjadi dasar dikembangkannya vaksin khusus yang dapat mencegah perpindahan parasit Toxoplasma dari kucing ke manusia.

Perlu diketahui, Toxoplasma gondii juga dapat ditemukan pada daging mentah atau yang tidak dimasak sampai benar-benar matang sebelum dikonsumsi.

 

Via DetikĀ http://bit.ly/1OFKrno

Image : voanews

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 1 komentar

  • toyib says:

    jadi bagaimana menghentikannya?

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *