Berita
1

Alasan Mengapa Harus Sering Mengelus Kucing

Alasan Mengapa Harus Sering Mengelus Kucing

Hal yang paling disukai kucing selain diajak bermain adalah dielus dan dibelai. Apalagi secara ilmiah terbukti mengelus kucing membantu hewan lucu ini tetap sehat dan berumur lebih panjang.

Sebuah studi melibatkan 96 kucing di penampungan yang terbagi atas dua kelompok. Kelompok pertama mendapatkan interaksi dan sentuhan positif dari orang selama 10 menit, 4 kali dalam sehari selama 10 hari. Interaksi meliputi sentuhan, mengelus, dan bermain – yang keseluruhannya disebut ‘gentling’.

Sementara kelompok kedua dibiarkan mandiri dan hanya dipandangi, tanpa interaksi atau sentuhan. Durasi waktunya sama.

Semua kucing yang dilibatkan dalam penelitian dianggap sehat, tidak cemas maupun frustasi. Namun setelah beberapa waktu kondisi kucing di kelompok pertama dan kedua mengalami perbedaan.

Kucing yang mendapatkan sentuhan dan perhatian terlihat tetap sehat, sedangkan kucing yang tidak mendapatkan interaksi positif mengalami gangguan pernafasan, kebugarannya menurun dan tampak kurang sehat.

17f8af7cf21287c164e59bede5ea9f92

Image : Pinterest

Nadine Gourkow, seorang konsultan kesejahteraan hewan yang juga terlibat dalam penelitian mengatakan bahwa ia menemukan hubungan baik antara emosi yang positif dari belaian dengan kesehatan kucing.

Menurutnya rasa senang dan bahagia pada kucing menstimulasi antibodi yang membantu melawan gangguan pernafasan. Demikian dilansir dari Huffington Post.

“Kami telah belajar bahwa kucing domestik sangat responsif terhadap pengobatan yang baik oleh manusia,” tambah Clive JC Phillips, Profesor kesejahteraan hewan di University of Queensland, yang juga partner Gourkow.

Apakah Anda setuju dengan hasil penelitian diatas? Jika setuju, sudahkan kucing kesayangan dielus dan dibelai hari ini? Meooow.

 

Sumber : http://huff.to/1VnnYzS

Photo : Maarthen/Flickr

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 1 komentar

  • Chaira says:

    Kalau buat kucing hamil bisa gak ya?

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *