Berita
2

DilCo, Berasal dari Pasar Kini Jadi Kucing Rumahan

DilCo, Berasal dari Pasar Kini Jadi Kucing Rumahan

Ada hikmah dibalik musibah, kata yang tepat menggambarkan awal gerakan TLDM (Talk Less Do More) untuk kucing-kucing stray yang diinisiasi oleh onty Nining Astria dan teman-temannya.

Kekhawatiran terhadap nasib kucing-kucing ‘cat people’ ibu Sundari akibat kebakaran supermarket Sanrio, Mojokerto membuat onty Nining Astria melakukan aksi-aksi nyata penyelamatan kucing terlantar.

Salah satunya adalah kucing bernama DilCo (kerap dipanggil Iko). Kucing betina dengan corak warna bulu calico yang tersamar. Sehingga kemudian diberi nama Dilute Calico. Cukup keren untuk nama seekor kucing dari depan los jahit pasar Tanjung, Mojokerto 🙂

“Awalnya kami kayak gini tuh dari kebakaran supermarket Sanrio dan trus Candra (teman onty Nining) cerita soal Bu Sundari itu. Trus Drh Mima ikut. Karena kami kuatir kondisi kucing-kucingnya bu Ndari makanya mba Mima mulai mikir untuk steril. Waktu itu belum ada donaturnya.” Onty Nining Astria menuturkan.

Namun tanpa disangka-sangka ada donatur yang memberikan bantuan. Awalnya bantuan diberikan pada bu Ndari, kemudian untuk kucing-kucingnya. Para donatur yang baik hati merupakan penyayang kucing juga.

Bu Ndari adalah seorang manusia kucing tunawisma yang hidup si sebuah lorong. Di tengah keterbatasannya beliau masih menyisihkan sebagian rezekinya untuk merawat dan memberi makan kucing-kucing liar disana.

Onty Nining Astria dan teman-temannya kemudian bermaksud mensteril kucing-kucing bu Ndari dan pak Yono (manusia kucing yang lain lagi)namun saat itu terkendala karena kucing-kucingnya masih sulit ditangkap dan ada yang sakit.

Akhirnya mereka ‘menjaring’ kucing-kucing di pasar Tanjung. Beberapa kucing berhasil menjadi pasien program TANGKAL (Tangkap Kebiri Adopsi Lepas). Termasuk Dilute Calico.

“Itu programnya Drh Mima. Tangkap Kebiri Adopsi Lepas. Semacam TNR nya Indonesia gitu deh.” Jelas onty Nining Astria.

Kucing-kucing yang berhasil disteril, kemudian ditampung sementara sampai mereka sehat. Setelah sehat dan cantik kemudian mereka ditawarkan untuk diadopsi. Tentu saja semuanya gratis. Namun dengan syarat, komitmen menyayanginya.

Tak butuh waktu lama bagi DilCo untuk mendapatkan rumah baru. Setelah beberapa hari ‘iklan’ adopsinya viral di media sosial, seorang cat lover rupanya jatuh hati padanya. Meskipun berasal dari pasar, DilCo tak kalah cantik dibanding kucing-kucing yang berasal dari petshop.

Jadilah DilCo diadopsi dan kini hidup aman di rumah baru. Tidak khawatir kelaparaan, kehausan dan kehujanan seperti saat di pasar.

DilCo berhasil diadopsi. (Foto : Facebook/ Nining Astria)

DilCo berhasil diadopsi. (Foto : Facebook/ Nining Astria)

Jadi, bila Anda ingin mengadopsi kucing, sekaligus membantu mereka yang terlantar, kucing-kucing dari komunitas cat lover seperti onty Nining Astria dan teman-temannya bisa menjadi pilihan. Mereka juga akan murah hati berbagi tips dan trik bagaimana merawat kucing yang baik berdasarkan pengalaman pribadi, komunitas dan dokter hewan. 

“Saat ini kami sudah mulai bekerjasama dengan 2 grup kucing di Mojokerto, yaitu Moca Lover dan Koecing Mojo. Walau kebanyakan mereka fokus ke kucing gondrong tapi ada beberapa anggota yang simpati (dengan kucing lokal). Orang Mojo juga pernah ikutan program stray feeding kami dan lalu mengadakan sendiri. Seneng deh.” Tambah onty Nining Astria.

Penyayang kucing Mojokerto sudah bergerak, bagaimana dengan kota-kota yang lain? Yuk lebih peduli dengan kucing-kucing liar di sekitar kita. Sekecil apapun kontribusi itu akan membantu kesejahteraan ‘kucing-kucing asli’ Indonesia 🙂 Meoow!

 

Anda ingin bergabung dengan onty Nining Astria dan teman-teman cat lover lainnya? Bisa menghubungi mereka disini 🙂

https://www.facebook.com/nining.astria

https://www.facebook.com/groups/RumahKucingIndonesia/

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 2 komentar

  • Nining Astria says:

    Alhamdulillah DilCo sudah punya rumah baru ^_^ makasih MeowMagz

  • Alhamdulillah, DilCo semakin bahagia yaa 😀

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *