kesehatan
0

P3K Saat Digigit Kucing

P3K Saat Digigit Kucing

Saat bermain dengan kucing kesayangan, kadang tanpa sengaja si manis menggigit tangan dan meninggalkan luka. Sebersih apapun hewan peliharaan kita, saat dia menggigit tetap beresiko menularkan berbagai penyakit. Apalagi jika kita ‘menggoda’ kucing liar, gigitannya bisa sangat menyakitkan.

Namun bukan berarti kita harus menghindari kucing karena takut digigit. Bisa jadi kucing menggigit karena ‘gemas’ dengan kita. Berikut P3K menangani gigitan kucing, dikutip dari Mayo Clinic.

Luka gigitan kecil
Jika tanda gigitan hewan pada kulit hanya sedikit terluka dan tidak ada kemungkinan bahaya rabies, maka penanganan yang dilakukan seperti halnya penanganan pada luka kecil.

Cucilah luka dengan sabun dan air. Kemudian oleskan obat antibiotik untuk mencegah infeksi. Tutup luka dengan perban atau plester bersih. Selalu sediakan obat-obatan untuk pertolongan pertama pada luka kecil di kotak P3K Anda.

Luka gigitan dalam
Jika luka gigitan hewan di kulit menyebabkan kulit robek dan perdarahan parah, tekan luka dengan menggunakan kain bersih yang kering untuk menghentikan perdarahan. Setelah tindakan pertama untuk menghentikan perdarahan, segera hubungi dokter atau rumah sakit terdekat.

Gigitan yang menyebabkan luka infeksi
Jika dilihat ada tanda-tanda infeksi, seperti pembengkakan, nyeri, kemerahan, dan luka yang tak kunjung sembuh, segera hubungi pusat kesehatan terdekat.

Luka gigitan dengan dugaan rabies

Jika Anda menduga gigitan itu disebabkan oleh hewan yang membawa virus rabies, maka Anda harus segera menghubungi dokter atau rumah sakit terdekat. Rabies bisa dikenali dari perilaku pengidapnya yang terlihat hiperaktif diluar kendali (misal mengamuk) atau lemas tidak bisa menggerakkan otot-otot tubuh.

Hewan yang dicurigai membawa virus rabies adalah hewan liar atau hewan peliharaan dengan status imunisasi yang tidak diketahui. Biasanya dokter menyarankan untuk mendapatkan suntikan tetanus yang diulang setiap 10 tahun.

Semoga bermanfaat. Meooow!

 

Foto : Juniors Bildarchiv GmbH / Alamy

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *