Fakta Kucing
0

Sembilan Hewan Paling Cerdas

Sembilan Hewan Paling Cerdas

Manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling cerdas di bumi. Namun selain manusia ada hewan-hewan lain yang juga mempunyai kriteria kecerdasan di atas rata-rata. Berikut sembilan hewan paling cerdas setelah manusia.

  1. SimpanseSecara genetika, manusia dan simpanse 98% identik. Simpanse mampu membuat dan menggunakan peralatan dan berburu dalam kelompok yang terganisasi. Penelitian menunjukkan bahwa simpanse punya kemampuan berempati, bahkan dalam beberapa tes daya ingat, simpanse lebih unggul daripada manusia.
    Foto : nationalgeoraphic.com

    Foto : nationalgeoraphic.com

  2. Lumba-lumbaLumba-lumba menggunakan spons untuk melindungi lubang hidungnya dari kemasukkan pasir ketika mengendus makanan di dasar laut. Mereka juga berkomunikasi dengan suara mengerik dan klik yang dibuatnya.
    Foto : pbs.org

    Foto : pbs.org

  3. GajahVolume otak gajah yang besar membuatnya lebih cerdas dari hewan lain. Mereka mengenali keluarga sedarah mereka dengan baik, mampu menolong spesies lain saat membutuhkan, bermain dan berkomunikasi satu sama lain dengan derap kakinya.Penelitian menunjukkan bahwa gajah mampu mengenali dirinya di depan cermin. Perilaku kompleks seperti ini hanya ditemukan di manusia, kera besar, dan lumba-lumba.
    Foto : cicinnatizoo.org

    Foto : cicinnatizoo.org

  4. GuritaBeberapa jenis gurita mempunyai otak yang paling besar dibandingkan dengan invertebrata laut lainnya. Mereka mempunyai rasa penasaran yang besar, bisa bosan dan berusaha menghilangkan perasaan tersebut.
    Foto : Morten Brekkevold/ Fotopedia

    Foto : Morten Brekkevold/ Fotopedia

  5. GagakGagak bisa menggunakan peralatan untuk mengambil makanan dari tempat yang sulit dijangkau. Secara genetika, burung ini mempunyai kemampuan menggunakan peralatan. Mereka juga mencontoh keterampilan itu dari seniornya; yang menjadi bukti kecerdasan lainnya.
    Foto : science20.com

    Foto : science20.com

  6. TupaiPenelitian menunjukkan bahwa tupai mampu memahami intense tupai lain; bahkan manusia. Dalam penelitian, sang tupai mengamati dengan saksama manusia yang hendak mencuri kacangnya. Kemudian dia membuat gerakan-gerakan terperinci yang rumit untuk memperdaya pencuri tersebut.Penelitian lain juga menunjukkan bahwa beberapa hewan pengerat juga membuat semacam peta tiga dimensi untuk mengingat rute menuju lumbung makanan yang sudah mereka siapkan.
    Foto : telegraph.co.uk

    Foto : telegraph.co.uk

  7. AnjingAnjing tidak hanya cerdas karena bisa dilatih untuk duduk, tidur, atau menangkap bola yang dilempar majikannya. Studi menunjukkan bahwa anjing juga mampu menemukan makanan dengan petunjuk nonverbal. Anjing mampu membedakan antara foto anjing dan foto pemandangan, sebuah indikasi bahwa anjing mampu memahami konsep “anjing”.
    Foto : evcusa.com

    Foto : evcusa.com

  8. KucingSeperti halnya pemilik anjing, para pemelihara kucing juga melatih piaraan mereka. Melatih kucing lebih susah, namun bukan berarti kucing mempunyai kecerdasan di bawah anjing. Pakar kucing mengatakan bahwa kucing jenis felines berbeda daripada kebanyakan jenis kucing lain.Kucing hidup soliter sehingga mereka lebih mempunyai kemampuan bertahan hidup. Hal ini membuat mereka mampu beradaptasi dengan lingkungan yang sangat beragam lebih dari 9.500 tahun.
    Foto : buzzsharer.com

    Foto : buzzsharer.com

  9. BabiBeberapa peneliti menyatakan bahwa babi merupakan binatang terpintar dan terbersih, bahkan dikatakan lebih daripada kucing dan anjing. Masalahnya adalah, babi tidak memiliki kelenjar keringat, sehingga mereka harus berkubang di lumpur untuk menjaga suhu tubuh tetap dingin.Penelitian tahun 1990 menjadi satu tanda bahwa babi merupakan hewan cerdas. Dalam penelitian itu, babi diminta menggerakkan kursor di komputer dengan moncong mereka. Kursor itu digunakan untuk membedakan coretan yang sudah diketahui babi sebelumnya dan coretan lain yang baru saja dia lihat. Mereka belajar secepat simpanse.
    Foto : Pinterest

    Foto : Pinterest

 

Sumber : Intisari http://bit.ly/20m2M4o

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *