Advertorial
0

Sebenarnya, Kucing Perlu Mandi atau Tidak?

Sebenarnya, Kucing Perlu Mandi atau Tidak?

Kucing pada dasarnya adalah hewan yang cinta kebersihan. Beberapa kali dalam sehari kucing akan terlihat menjilati bulunya sendiri. Debu dan bulu-bulu rontok tersisir semua oleh lidahnya yang khas bergerigi.

Kucing liar tidak mengenal istilah mandi, bahkan akan menghindar dari genangan air, kecuali saat ingin minum. Mereka tidak ingin bulunya basah, hingga menjaganya selalu kering.

Namun, berbeda dengan kucing liar, kucing rumahan membutuhkan perawatan yang lebih memadai. Kucing peliharaan perlu dimandikan terutama jika :

  1. Ada bahan beracun atau berbahaya di bulunya
  2. Anda atau anggota keluarga Anda memiliki alergi sehingga harus menjaga kebersihan bulu kucing supaya tidak memicu alergi.
  3. Kucing Anda memiliki masalah kutu.
  4. Kucing Anda menjadi kotor
Massage dulu sebelum mandi. (Foto : Savvy Pet Grooming)

Massage dulu sebelum mandi. (Foto : Savvy Pet Hotel)

Bagaimana cara memandikan kucing? Bukankah mereka pada umumnya tidak suka air? Tips-tips berikut mungkin bisa membantu Anda yang belum pernah memandikan kucing :

  1. Potong kuku si Meong sebelum memandikan. Jika si Meong panik waktu dimandikan, kuku yang panjang bisa berbahaya bagi Anda.
  2. Setelah itu sikat bulu kucing Anda untuk membantu mengurai gimbal atau bulu yang menggumpal selama bulunya masih kering.
  3. Siapkan shampoo kucing, jangan gunakan shampoo anjing atau shampoo manusia karena bisa membuat iritasi kulit bagi kucing Anda.
  4. Sebaiknya biasakan kucing Anda untuk masuk ke kamar mandi sebelum dimandikan, sehingga kucing Anda tidak mengasosiasikan kamar mandi dengan hal yang mengerikan.
  5. Ajak main si Meong sebelum mandi, jika kucing Anda sudah lelah bermain, setidaknya akan mengurangi kemungkinan kucing Anda menggigit, mencakar, atau kabur pada saat dimandikan.
  6. Pada saat akan memandikan si Meong, pastikan pintu kamar mandi anda tertutup. Kalau Anda memiliki beberapa ekor kucing, suara kucing yang panik waktu dimandikan bisa membuat teman-temannya ketakutan. Pintu yang tertutup memastikan si Meong tidak bisa kabur.
  7. Mandikan kucing Anda dengan air hangat dan pelan-pelan. Terus ajak bicara si Meong selama proses mandi supaya tetap tenang.
  8. Akan lebih baik jika ada dua orang yang memandikan si Meong kalau kucing Anda banyak berontak. Ingat, jika Anda sendiri panik atau stress pada saat memandikan kucing Anda, kemungkinan besar si Meong akan merasakan energi negatif Anda dan akan ikut panik.
Shampoo khusus untuk grooming. Foto : Savvy Pet Grooming

Shampoo khusus untuk grooming. (Foto : Savvy Pet Hotel)

Tahapan Memandikan Kucing

Memandikan kucing sebaiknya tidak asal membuat bulunya basah, apalagi sengaja mengguyurnya hingga ketakutan dan kedinginan. Ingat, pada umumnya kucing takut air, maka perlakukan kucing dengan cara yang benar saat mandi supaya tidak trauma.

Mandikan kucing Anda dari leher ke bawah dengan gerakan memijat sesuai alur bulu. Pastikan shampoo tidak masuk mata, telinga, hidung atau mulut si Meong. Untuk memastikan air tidak masuk ke telinga, Anda dapat menyumpal telinga kucing dengan kapas selama proses mandi.

Jika Anda memandikan kucing yang kena kutu, basahi bagian leher kucing dulu sebelum mulai membasahi badan kucing Anda. Kutu akan berusaha kabur ke bagian yang kering, dengan membasahi bagian leher dulu, pada saat Anda memandikan bagian badan si Meong, kutu tidak bisa kabur ke bagian lain.

Bagian muka kucing tidak sebaiknya dibasahi. Lap bagian muka kucing Anda dengan kain basah, tidak perlu membasahi kepala kucing Anda karena akan membuat panik si Meong.

Kenji, terlihat menikmati saat mandi. (Foto : Savvy Pet Grooming)

Kenji, terlihat menikmati saat mandi. (Foto : Savvy Pet Hotel)

Pastikan tidak ada sisa shampoo yang tersisa sebelum mengeringkan kucing Anda. Gunakan handuk untuk mengeringkan si Meong,

Anda bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan sisa air di bulu kucing Anda yang tidak bisa dikeringkan oleh handuk.

Jangan lupa, perhatikan apakah kucing Anda menunjukkan tanda-tanda stress. Jika kucing ketakutan atau panik selama dimandikan, sebaiknya secepatnya berhenti memandikan si Meong.

Setelah sukses memandikan kucing Anda, beri hadiah atas kerja samanya, bisa dalam bentuk makanan atau snack kesukaan si Meong.

Demikianlah proses memandikan kucing, mudah bukan? Namun jika dengan poin-poin diatas ternyata kucing Anda masih tidak bisa dimandikan, ada baiknya membawa si Meong ke Groomer profesional.

Wulan Purnomo dan Indri Puteri, owner Savvy Pet Hotel. (Foto : Savvy Pet Hotel)

Wulan Purnomo dan Indri Puteri, owner Savvy Pet Hotel. (Foto : Savvy Pet Hotel)

Savvy Pet Hotel yang beralamat di Ruko Mendrisio 2 Blok B 15  Gading Serpong, Tangerang juga melayani grooming kucing dan anjing. Istimewanya, dalam sehari mereka hanya menerima 8 tamu. Jadi, kucing atau anjing yang mandi disana benar-benar akan mendapatkan pelayanan terbaik.

Kucing atau anjing yang hendak grooming di Savvy, dipastikan untuk yang sudah vaksin (minimum 1 minggu terakhir setelah vaksin) serta tidak ada kutu maupun jamur. Umur hewan diatas 4 bulan, tidak sedang hamil atau sakit. Hal ini untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan semua pengunjung Savvy.

Savvy pet grooming buka setiap hari Sabtu – Senin, 09.00 – 04.00 WIB. Untuk informasi lebih lengkap Anda dapat menghubungi :
IG: @savvypet_hotel
FB: Savvy Pet Hotel
Line: @wrv7025t (pakai @ ya)
email: [email protected]

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Cici Mochi

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *