Fakta Kucing
0

Apakah Anak Kucing Boleh Minum Susu Sapi?

Apakah Anak Kucing Boleh Minum Susu Sapi?

Susu terbaik untuk anak kucing adalah susu induk. Setelah mereka disapih, susu apapun -sapi, kambing atau kedelai- tidak memberikan banyak manfaat bagi kebutuhan gizinya.

Kandungan ASI induk kucing dirancang sesuai dengan kebutuhan anak-anaknya, tidak saja membuat perut kittens kenyang, tetapi juga mempersiapkan kondisi mereka setelah masa penyapihan. Demikian dikutip dari Catster http://bit.ly/1nBOACd.

Kolostrum merupakan susu pertama yang diterima anak kucing setelah mereka dilahirkan. Selain menyediakan gizi yang lengkap, juga berfungsi sebagai transfer antibodi yang sangat penting dari induknya. Oleh karena itu, anak-anak kucing yang ‘dibuang’ saat bayi sulit bertahan hidup karena mereka belum memiliki cukup antibodi di tubuhnya.

Selain kolostrum, susu induk kucing juga kaya lemak dan protein. Lemak, terutama berperan dalan pengembangan sistem saraf anak kucing. Dan susu kucing memiliki salah satu konsentrasi lemak tertinggi diantara semua mamalia.

Sebenarnya, susu hanya dibutuhkan anak kucing selama fase menyusui. Setelah disapih, sebagai hewan karnivora, kebutuhan gizinya hanya bisa dicukupi dengan makanan berprotein tinggi seperti daging.

Foto : themeowpost.com

Foto : themeowpost.com

Namun, tidak semua bayi kucing beruntung mendapatkan susu induk yang lengkap. Beberapa anak kucing harus berpisah dari induknya sejak masih bayi dan belum disapih. Lalu, makanan apa yang cocok untuk mereka?

Kebiasaan masyarakat kita adalah memberikan susu sapi sebagai makanan pengganti. Padahal usus kucing tidak bisa mencerna laktosa yang ada dalam susu. Akibatnya anak kucing diare, kurang gizi dan bisa berujung kematian.

Kucing dewasa pun sebenarnya tidak membutuhkan susu sapi ini. Manusia senang melihat kucing lahap meminum susu, dan tradisi ini sudah berlangsung berabad-abad. Padahal itu murni hanya ‘kesenangan’ manusia saja, bukan kebutuhan kucing.

Selain susu sapi, kadang kucing juga disodori susu kambing. Memang kandungan susu kambing lebih bagus dari susu sapi. Tapi secangkir susu kambing memiliki kandungan gula hanya satu gram lebih sedikit dibanding susu sapi.

Bagaimana dengan susu dari kacang-kacangan? Susu pengganti ini mungkin lebih aman bagi orang yang sensitif terhadap laktosa, tapi tetap tidak mudah dicerna oleh perut kucing. Karena untuk bisa diterima manusia, seringkali ditambahkan gula atau pengganti gula yang dapat meningkatkan rasa enak pada susu.

Source : Aliexpress

Source : aliexpress.com

Jadi, susu pengganti apa yang cocok untuk anak kucing? Anda dapat memberikan susu khusus yang memang dibuat hanya untuk kucing. Konsultasikan dengan dokter hewan Anda untuk mendapatkan produk yang paling cocok.

Jika cat lovers jauh dari petshop atau dokter hewan, alternatif lain dapat dengan memberikan susu formula untuk bayi manusia yang bebas laktosa. Carilah susu bayi dengan kode FL (free lactose) pada kemasannya.

Susu murni yang telah disterilisi dalam beberapa kasus dapat membantu, namun tidak semua kucing bisa menerimanya. Maka berikanlah susu jenis ini mulai dari jumlah yang sangat kecil dan tawarkan sesekali saja.

Jika anak kucing sudah dapat menerima makanan selain susu, wetfood kitten akan lebih sesuai untuknya. Anda pun mulai dapat mengganti susu dengan minuman lain semisal kaldu ayam atau air mineral biasa.

Semoga bermanfaat!

 

 

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *