Advertorial
2

Apa Itu Raw Food Diet?

Apa Itu Raw Food Diet?

Mari kita kenalan dengan yang namanya Raw Food Diet!

Selama ini kita sudah sangat familiar dengan yang namanya makanan kalengan/ wet food dan makanan kering/ kibbles untuk kucing, tapi pernah terbayangkah apa yang si meong makan sebelum ada pabrik makanan kucing di dunia ini?

Jauuuh sebelum ada pabrik makanan kucing dan jauuuh sebelum manusia mengenalkan ikan cue dan nasi untuk kucing peliharaan, kucing makan hasil buruannya sendiri, seperti burung, tikus, atau hewan-hewan kecil lain. Kucing tidak makan sayur-sayuran atau buah-buahan, karena mereka hewan karnivora sejati, artinya pencernaan kucing berbeda dengan manusia dan tentu saja berbeda dari pencernaan kambing atau kelinci.

Jadi biarpun si meong kelihatan manis dan cantik, sebenarnya pencernaan dan bentuk anatominya lebih cocok untuk makan daging dibanding makan sayuran, nasi, atau yang lainnya. Dengan makan daging hidup si meong akan lebih sehat dan natural dibanding kalau makan makanan proses atau sayuran/ buah-buahan.

Daging apa yang cocok untuk makanan kucing?

Pertama, kita perlu mengingat kalau daging yang ideal untuk si meong adalah daging mentah. Kalau direbus/ kukus/ goreng/ grill atau lainnya artinya makanan kucing tsb masuk dalam kategori Home Cooked Food (Masakan Rumah) dan bukan Raw (Mentah) lagi.

Kenapa daging mentah lebih baik daripada daging yang dimasak? Karena dalam proses masak banyak gizi dan vitamin dalam daging yang rusak, jadi manfaatnya hilang. Kucing bukan hewan yang bisa memasak sendiri. Apakah singa memasak hasil buruannya dengan bumbu? Jawabannya tentu tidak.

Kalau disajikan mentah, apakah hiegenis? Jangan-jangan si meong kena penyakit atau parasit karena makan daging mentah?

Jangan kuatir, karena kucing punya pencernaan yang berbeda daripada manusia. Asam lambung mereka lebih kuat daripada asam lambung manusia dan mereka bisa mencerna daging dan tulang mentah. Tentunya kita harus pilih-pilih juga daging yang akan diberikan ke anak-anak kaki empat, jangan sembarang daging sisa/ reject apalagi yang berbau atau busuk.

Nah, sudah jelas kan mengenai apa itu Raw Food Diet?  Jangan tertukar sama Home Cooked Diet lagi ya …

Masih bingung dan banyak pertanyaan? Jangan khawatir, tulisan tentang raw food diet  ini akan dibuat bersambung. Nantikan yang selanjutnya ya, furriends.

Artikel ini dipersembahkan oleh SAVVY PET BAKERY & PET CAFE
IG: @savvypet_hotel
FB: Savvy Pet Hotel
Line: @wrv7025t (pakai @ ya)
email: [email protected]

Ingin kucing atau anjing kesayangan belajar nge-raw tapi tak sempat membuatnya sendiri? Savvy siap melayani kebutuhan Anda.

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 2 komentar

  • […] Apa itu Raw Food Diet? http://meowmagz.com/2016/04/apa-itu-raw-food-diet/ […]

  • […] Apa itu Raw Food Diet http://meowmagz.com/2016/04/apa-itu-raw-food-diet/ […]

  • Tinggalkan komentar

    Bagaimana menurut kamu?
    Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *