Fakta Kucing
0

Bisakah Kucing Mengenali Kerabatnya?

Bisakah Kucing Mengenali Kerabatnya?

Saat hendak mengadopsikan anak-anak kucing, sebagian cat lover pasti berpikir kucing akan sedih karena dipisahkan dari keluarganya. Faktanya, apakah kucing benar-benar bisa mengingat anggota keluarganya?

John Bradshaw, ahli kucing di University of Bristol mengatakan kebanyakan kucing domestik tidak akan pernah bertemu kakek-nenek mereka.

“Tapi kucing liar berbeda. Mereka hidup dalam koloni yang dipimpin oleh perempuan. Nenek, anak perempuan dan anak-anak kucing semua bekerja bersama-sama,” katanya.

Ia menambahkan bahwa kucing jantan tidak terlibat dalam membesarkan anak-anaknya.

images (18)

Menurut Bradshaw, kucing biasanya merasa kehilangan ketika dipisahkan dengan induk mereka. Tapi memori otak mereka cukup cepat untuk melupakannya, sehingga ketika bertemu kembali, mereka tidak bisa mengenalinya.

Jika kucing bertemu ibu atau neneknya, ada kemungkinan ia merasa familiar dengan bau mereka. Tapi mungkin mereka tidak mengaitkannya sebagai “keluarga”.

Mekanisme bau merupakan metode utama bagi hewan dalam mengenali kerabat. Metode lainnya, hewan mengenali kerabat dengan adanya kecocokan fenotipe masing-masing, di mana hewan bergantung pada tingkat penampilan mereka (fenotipe) yang terlihat sama.

Jadi ternyata kucing memang dapat mengenali kerabatnya! Meoow.

 

Sumber : nationalgeographic.co.id http://bit.ly/25FMCCX

Comments

comments

Bagikan:
  • googleplus
  • linkedin
  • tumblr
  • rss
  • pinterest
  • mail

Ditulis oleh Oslo Van Hotten

Ada 0 komentar

Tinggalkan komentar

Bagaimana menurut kamu?
Tinggalkan balasan ya, furriends ;)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *